Kebiasaan Sehat yang Bisa Kamu Mulai di 2020
PATHDOC/SHUTTERSTOCK via thehealthy.com
Lifestyle

Kebiasaan Sehat yang Bisa Kamu Mulai di 2020

Sabtu, 21 Des 2019 | 09:55 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Resolusi adalah kata yang paling sering disebut saat pergantian tahun, baik itu di media sosial ataupun obrolan secara langsung. Setelah Januari selesai, kata ini akan menguap begitu saja dari obrolan maupun pelaksanaannya. Mewujudkan resolusi ternyata tak pernah semudah mengatakannya.

Secara statistik pun menunjukkan, berdasarkan studi tahun 2018 yang dilakukan Statistic Brain dari University of Scranton dan dilansir Forbes, hanya 8 persen individu yang mengaku mampu mewujudkan resolusi tahun barunya. Penyebab yang paling utama adalah resolusi yang tidak realistis.

Oleh karena itu, mengapa tidak mencoba resolusi yang lebih realistis. Dikutip dari Real Simple, beberapa hal sederhana di bawah ini, mungkin bisa kamu ambil dan masukkan ke daftar resolusi tahun baru kamu. 

Mungkin ini tidak membuatmu turun berat badan dengan instan maupun menjadi Zen master seketika. Tapi, hal-hal ini akan mendatangkan kemajuan besar dalam perjalanan kamu menuju hidup yang lebih bahagia dan sehat.

1. Meng-upgrade hidangan penutup

“Jika kamu suka makan yang manis-manis setelah makan malam, Silakan! Tetapi jika kamu ingin mengurangi gula namun tetap ingin memuaskan hasrat itu, kamu dapat mengencerkan makanan manis dengan sesuatu seperti kacang-kacangan atau biji-bijian,” saran Willow Jarosh, salah seorang pendiri C&J Nutrition di New York City. 

Jadi, alih-alih ngemil cokelat, cobalah almond yang dilapisi cokelat, gigitan pisang beku yang dicelupkan ke cokelat, atau serpihan cokelat yang dicampur dengan popcorn, pistachio, atau keduanya. 

Selain mengurangi asupan gula tambahan—yang sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan ukuran pinggang yang lebih besar—kamu juga akan mendapatkan serat yang menyehatkan jantung.

2. Perbaiki posisi duduk

Bagi kamu yang pekerja kantoran, mungkin sangat susah untuk mengurangi kebiasaan duduk terlalu lama, sebab ini mengenai tuntutan pekerjaan. Tapi ada alternatif, yakni dengan mengubah gaya duduk ke yang lebih baik.

“Kebanyakan orang duduk dalam bentuk C, yang memberi tekanan pada tulang belakang dan dapat menyebabkan sakit punggung, leher, dan bahu,” kata Jenn Sherer, pendiri studio Spinefulness di Palo Alto, California. “Dan ketika kita mencoba untuk duduk dengan 'benar', kita cenderung menghisap perut kita dan menjulurkan dada kita, mengencangkan otot kita dengan cara yang dapat membuat kita semakin tidak selaras atau tertekan. ”

TAGS:
resolusitahun baruHidupbahagiasehat

RELATED STORIES

Loading interface...