Kedelai Selain Ampuh Menurunkan Berat Badan, Baik Juga Untuk Kesehatan Jantung

Muchdi
Muchdi

Kedelai Selain Ampuh Menurunkan Berat Badan, Baik Juga Untuk Kesehatan Jantung ilustrasi manfaat kedelai. ( Photo alicdn.com )

Winnetnews.com -  Kedelai menjadi salah satu bahan pokok terbaik yang dikenal di Asia. Kandungan protein terbaik yang ada di dalamnya membuat manfaat kedelai bisa dirasakan dari segala sisi.

Kedelai merupakan salah satu dari lima protein nabati utama di China. Dengan 36,5 persen protein, 19,9 persen lemak, 9,3 persen serat, dan isoflavon di dalamnya, kedelai menjadi alternatif makanan yang banyak dinikmati.

Berbagai kandungan sehat yang ada di dalamnya membuat kedelai kerap menjadi komponen diet tradisional di Asia selama ribuan tahun.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut manfaat kedelai yang bisa Anda nikmati.

1. Mengontrol kenaikan berat badan

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi protein kedelai ampuh membantu penurunan berat badan. Mengutip Stylecraze, protein pada kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida plasma yang berujung pada penurunan berat badan.

Selain itu, isoflavon juga disebut-sebut sebagai komponen aktif yang berperan dalam penurunan berat badan.

Tak hanya pada orang dengan obesitas, menurunkan berat badan dengan mengonsumsi kedelai juga bisa berfungsi pada mereka dengan berat badan normal.

2. Mengurangi risiko kanker

Isoflavon dalam kedelai telah diakui memiliki sifat antikanker. Isoflavon berperan dalam mencegah beberapa kanker akibat hormon seperti payudara, prostat, dan serviks.

Sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti Amerika Serikat dan China menemukan penurunan risiko kanker payudara pada wanita yang rutin mengonsumsi kedelai. Mengutip situs Vanderbilt, risiko kanker payudara tersebut dapat turun hingga 27 persen.