Kelompok Perempuan Peduli Hoax Berbasis Media Sosial
Dokumen pribadi penulis
Edukasi Umum

Kelompok Perempuan Peduli Hoax Berbasis Media Sosial

Rabu, 6 Feb 2019 | 12:00 | Daniel

Winnetnews.com - Sejak pagi hari, 20 orang Ibu-Ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita berkumpul di ruangan PKK Kelurahan Bhaktijaya Depok untuk mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat “Kelompok Perempuan Peduli Hoax Berbasis Media Sosial” yang diselenggarakan oleh Dosen sekaligus Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si.

Pada kegiatan tersebut, Dr. Mulharnetty, M.Si selaku pembicara kegiatan menjelaskan kepada partisipan mengenai cara-cara mengidentifikasi berita yang merupakan hoaks serta cara menghindari berita-berita yang mengandung hoaks.

“Apalagi belum lama ini kita baru saja melaksanakan Pemilihan Presiden, pasti banyak isu-isu yang diberikan oleh masing-masing kubu yang kebanyakan bersifat provokatif dan merupakan hoaks,” tutur Dr. Mulharnetty, M.Si kepada para partisipan.

image0

Para partisipan juga diajarkan cara melakukan pengecekan informasi untuk mengetahui berita tersebut hoaks atau tidak, serta diberi informasi mengenai portal-portal berita yang dapat dipercaya atau yang beritanya dapat dipertanggungjawabkan.

“Hoaks ini biasanya banyak disebar melalui pesan berantai di Whatsapp, melalui grup-grup. Jadi harus lebih hati-hati, lebih baik tidak perlu di-share lagi ke orang lain jika belum membaca beritanya sampai habis dan kevalidan beritanya masih belum diketahui,” jelas Dr. Mulharnetty, M.Si.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam itu berjalan dengan baik dan kondusif. Tidak hanya pemberian materi untuk mengedukasi para partisipan, namun, para partisipan juga menyampaikan keresahannya terhadap keberadaan hoaks, apalagi, sangat sulit untuk membedakan berita hoaks dan berita yang bukan hoaks.

Penulis: Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si

TAGS:
Media SosialhoaksUniversitas Negeri Jakarta

RELATED STORIES

Loading interface...