Kemdikbud Ubah Kisi-kisi Soal Ujian Nasional (UN) 2016
Nasional

Kemdikbud Ubah Kisi-kisi Soal Ujian Nasional (UN) 2016

Rabu, 11 Mei 2016 | 18:18 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Kemdikbud mengubah kisi-kisi soal pada Ujian Nasional (UN) 2016. Menurut Mendikbud Anies Baswedan, keputusan ini diambil sebab selama ini siswa-siswa belajar hanya untuk dapat menjawab soal yang ada di UN.

"Kita ingin anak SMA belajar berdasar kurikulum SMA. Bukan berdasar kurikulum UN. Karena selama ini belajar melalui kisi-kisi UN," ucap Anies kepada wartawan di Kantor Kemdikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Anies menambahkan, kisi-kisi yang diubah juga dimaksudkan agar guru mengajarkan siswanya sesuai dengan kurikulum yang telah disusun. Selama ini kegiatan belajar-mengajar kebanyakan disesuaikan dengan kisi-kisi UN saja.

"Yang kita ingin kembalikan, dari pelajaran bertahun-tahun, guru dan siswa belajar dengan apa yang akan diuji. Kita ingin mulai sekarang dengan perubahan ini merujuk pada kurikulum, bukan pada kisi UN. Kisi-kisi yang mengembangkan guru-guru. Jadi berdasar praktik yang ada di kelas," jelas Anies.

Sehingga proses kegiatan belajar mengajar di kelas juga mengarah pada penalaran dan pemahaman. Selain itu juga mempersiapkan SDM yang mendorong pada kompetensi abad 21.

"Kita ingin anak-anak fokus pada ketuntasan dan memiliki kemampuan problem solving dan critical thinking. Saya berharap tahun depan kita ingin anak-anak kita lebih bisa mengerjakan soal penalaran," tutur Anies.

Sumber: detik.com

Foto:merdeka

TAGS:
SMAAnies Baswedanguru gurusdmproblem solving

RELATED STORIES

Loading interface...