Kenali 5 Tanda Overthinking yang Sering Terjadi
Ilustrasi, Unsplash
Lifestyle

Kenali 5 Tanda Overthinking yang Sering Terjadi

Minggu, 5 Apr 2020 | 15:11 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Manusia dianugerahi akal dan pikiran untuk berpikir. Namun memikirkan sesuatu yang mengganjal secara terus-menerus dan membuat suasana hati kita terganggu, bukan lah sesuatu yang wajar.

Memikirkan sesuatu secara matang sebelum melakukan sesuatu memang perlu dilakukan. Tetapi, jika dilakukan terlalu berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, kita akan terus-menerus merasa gelisah dan kesulitan mengambil keputusan.

Overthinking juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental kita dan perlu kita waspadai. Untuk itu, yuk kenali tanda-tanda overthinking.

Sulit mengambil keputusan

Saat memiliki suatu masalah, maka kita akan berpikir untuk mencari jalan keluarnya. Mungkin sebenarnya kita sudah menemukan solusi itu. Namun karena otak yang terus berpikir, akhirnya membuat kita semakin sulit memecahkannya. Kondisi ini dapat membuat kita bingung untuk memilih jalan keluar yang tepat dan membuang energi yang ada di tubuh.

Memperumit situasi

Ketika overthinking melanda, situasi yang sebenarnya sederhana pun kita buat menjadi rumit. Semuanya dipikirkan dengan hati-hati untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan rencana. Kondisi ini akan menganggu kita, karena sebelum tidur atau sedang melakukan aktivitas lainnya kita juga akan memikirkan masalah yang sama terus-menerus.

TAGS:
Overthinkingkesehatan mentaltanda

RELATED STORIES

Loading interface...