Kenapa Potong Rambut Tidak Terasa Sakit? Ini Penjelasannya
ilustrasi
Lifestyle

Kenapa Potong Rambut Tidak Terasa Sakit? Ini Penjelasannya

Jumat, 18 Okt 2019 | 12:58 | Rusmanto
Winnetnews.com - Saat tubuh Anda terluka, seperti tergores, pasti akan menimbulkan rasa sakit. Namun, pernahkah terpikir oleh Anda kenapa rambut tidak terasa sakit ketika digunting? Padahal rambut juga merupakan bagian tubuh. Jangan bingung, simak alasan berikut ini kenapa rambut tidak bisa merasakan sakit ketika dipotong.

Kenapa rambut tidak terasa sakit saat dipotong?

Setiap bagian dari tubuh Anda memiliki keunikan, salah satunya rambut. Rambut dapat tumbuh dan memanjang seiring waktu. Bahkan, warna rambut bisa berubah karena berbagai faktor, seperti usia dan paparan sinar matahari.

Namun, fakta tentang rambut tidak hanya itu. Bila Anda perhatikan, rambut Anda tidak akan menimbulkan rasa sakit ketika digunting.

Rambut memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat ketimbang jaringan tubuh lainnya. Menurut laman Kids Health, rambut terbuat dari protein yang disebut dengan keratin. Protein ini jugalah yang membentuk kuku tangan dan kaki Anda.

Akar rambut yang berada di bawah kulit akan bersatu, tumbuh, dan keluar melalui folikel. Pembuluh darah kecil yang ada di dasar folikel akan memberi nutrisi akar rambut agar tetap tumbuh. Begitu muncul di permukaan kulit, sel-sel dalam helai rambut tidak lagi hidup.

Jadi, rambut Anda mengandung sel-sel yang sudah mati. Inilah alasannya kenapa rambut Anda tidak akan tersa sakit ketika digunting. Sama halnya ketika Anda memotong kuku.

TAGS:
rambutautisme

RELATED STORIES

Loading interface...