Kerang terinfeksi beri dampak pada kesehatan manusia
Kesehatan

Kerang terinfeksi beri dampak pada kesehatan manusia

Selasa, 13 Sep 2016 | 18:13 | Rike

WinNetNews.com-Penelitian terbaru yang diterbitkan pada jurnal Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa pemanasan air laut mengakibatkan bahaya tambahan, yakni peningkatan bakteri yang disebut Vibrio karena adanya perubahan suhu. Bakteri Vibrio menyebabkan penyakit fatal pada orang yang mengkonsumsi kerang atau berenang di perairan laut.

Vibrio cukup diketahui orang Amerika, sebab telah menyebabkan wabah besar di kota-kota pesisir Eropa. Vibrio berkembang dalam air hangat. Ia terkumpul dalam kerang seperti tiram sewaktu tersaring saat makan, dan kemudian membuat orang sakit waktu mereka makan kerang mentah. Hal ini juga menyebabkan infeksi serius jika masuk ke luka di kulit.

Vibrio menjadi penyakit yang sangat serius. Tahun 2014, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 27 persen orang Amerika diketahui sudah terinfeksi Vibrio dan harus dirawat di rumah sakit, sebanyak empat persennya sudah meninggal.

Itu mungkin akibat infeksi diremehkan, sebab kasusnya mungkin tidak diakui atau dianalisis dengan benar. "Kami pikir kasus Vibrio tidak dilaporkan dan kurang terdiagnosis," ujar Karen Wong, seorang dokter yang bekerja pada wabah bawaan makanan di CDC.

TAGS:
kesehatandampakkerangmanusiaTerinfeksi

RELATED STORIES

Loading interface...