Hal Sepele Ini Bisa Bikin Awet Hubungan Kamu dengan Pasangan

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Hal Sepele Ini Bisa Bikin Awet Hubungan Kamu dengan Pasangan Foto: mydomaine

WinNetNews.com - Hubungan yang awet menjadi dambaan bagi setiap pasangan. Mereka mampu melewati berbagai halang rintang, kecil maupun besar. Ego pun bisa mereka redam. Tapi tak hanya itu saja, kualitas diri sendiri juga harus kita tunjang.

Kualitas memang sudah tidak diragukan lagi. Memiliki kelebihan ketika berhadapan dengan orang lain, ini membuat kamu sejalan dengan norma-norma sosial, kamu bisa memastikan orang-orang di sekitarmu merasa nyaman, dan kamu bisa menyusun strategi bagaimana cara terbaik untuk berinteraksi dengan orang lain.

Dalam satu set penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology dan disorot oleh Scientific American, psikolog Erika Carlson dari University of Toronto Mississuaga mengeksplorasi nuansa kesadaran diri, terutama ketika kita menunjukkan diri pada orang lain. Dalam dua studi, teman dekat dan pasangan romantis menjawab survey rating teman mereka atau tingkat kesadaran diri pasangan dan kualitas hubungan.

Pasangan yang telah bersama-sama selama beberapa dekade menilai hubungan mereka lebih baik ketika pasangan mereka lebih sadar diri. Ini tidak berlaku untuk hubungan jangka pendek. Kurangnya kesadaran diri bahkan dapat membuat navigasi awal hubungan lebih mudah, karena peserta mungkin kurang keras pada diri mereka sendiri, tapi seiring berjalannya waktu ini akan menggeser.

"Meskipun kita mungkin tidak menghargai kesadaran diri saat kencan dalam jangka pendek, dalam jangka panjang pun hanya mungkin membuat atau merusak hubungan," menurut catatan cerita penulis, Roni Jacobson.