Kesalahan dalam Mencukur yang Buat Ketiak Bermasalah
Foto: hindi.blushin.com
Lifestyle

Kesalahan dalam Mencukur yang Buat Ketiak Bermasalah

Senin, 27 Apr 2020 | 19:26 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Memiliki ketiak yang mulus mungkin menjadi salah satu keinginan banyak orang, terutama kaum wanita. Tak jarang, kita akan mencukur bulu rambut yang tidak diinginkan dan agar membuat kita merasa lebih nyaman.

Akan tetapi, apakah kamu tahu bahwa mencukur rambut ketiak ternyata bisa menimbulkan masalah kulit? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini masalah kulit yang kerap kali dirasakan karena cara mencukur yang tidak tepat.

Ketiak menjadi gatal

Setiap kali mencukur ketiak, bulu rambut yang tidak diinginkan akan hilang dari permukaan kulit, namun tidak benar-benar terangkat sampai ke akar. Sehingga saat mulai tumbuh kembali, kita akan merasakan iritasi kulit dan membuatnya tampak merah serta gatal. Jika timbul rasa gatal, jangan terallu sering digaruk karena dapat memudahkan timbulnya ruam.

Rambut tumbuh ke dalam

Mencukur rambut ketiak juga dapat membuatnya tumbuh ke dalam kulit dan bukan lurus ke luar. Jika hal ini terjadi, tubuh akan mulai memperlakukannya sebagai penganggu. Hasilnya ketiak akan mengalami iritasi dan kemerahan. Bahkan bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Membuat ketiak gelap

Penggunaan pisau cukur yang terlalu sering dapat menyebabkan ketiak menghitam. Hal ini terjadi karena adanya gesekan antara kulit dengan mata pisau, sehingga pigmentasi pun memburuk. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan deodorant yang membantu menenangkan kulit. Sehingga kulit ketiak akan terasa lembut dan halus.

Menyebabkan pisau cukur tidak tajam

Menekan lebih dalam pisau cukur ke ketiak dapat menyebabkan kulit terlihat meradang atau bengkak, karena hal itu sama saja seperti sedang mengikis kulit. Memberi terlalu banyak tekanan ketika bercukur dapat memutar dan menarik folikel rambut, sehingga membuat kesan ketiak terasa lembut saat disentuh.

TAGS:
LifestylemencukurketiakIritasi

RELATED STORIES

Loading interface...