Ketua Umum Golkar: Demonstrasi Mendukung Revisi UU KPK itu Bagian dari Demokrasi

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Ketua Umum Golkar: Demonstrasi Mendukung Revisi UU KPK itu Bagian dari Demokrasi Airlangga Hartarto (sumber: Liputan6)

Winnetnews.com -  Demonstrasi besar-besaran yang terjadi di depan gedung Merah Putih KPK ditanggapi baik oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Demo yang terjadi pada Jumat (13/09) menurut Airlangga adalah salah satu bagian dari demokrasi.

“Itu dinamika negara demokrasi. Berbagai undang-undang juga ada proses semacam itu,” ungkapnya, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (15/09).

Demo yang berujung kericuhan tersebut ditengarai oleh massa yang mendukung disahkannya RUU KPK. Kelompok demonstran yang menamai diri sebagai Himpunan Aktivis Milenial Indonesia ini memaksa semua pihak untuk mendukung revisi UU Nomor 20 tentang KPK.

Selain itu, para demonstran ini juga menuntut Wadah Pegawai KPK dan Ketua KPK Saut Situmorang untuk meminta maaf terhadap tuduhan pelanggran kode etik yang dilontarkan kepada Irjen Firli Bahuri.

Demonstrasi ini berujung ricuh karena massa ingin mencopot kain hitam yang menutup logo gedung KPK.

Namun Airlangga juga menyayangkan dengan aksi demo yang berakhir ricuh. “Itu kan ekses, kalau demi kita harapkan bisa sesuai dengan ketertiban, yang penting pesannya bisa tersampaikan,” kata Airlangga, dilansir dari CNN Indonesia.

Demo ricuh tersebut diwarnai dengan aksi lempar batu dan bambu. Sampai saat ini pihak kepolisian belum mengamankan satu pihak pun yang dinilai menimbulkan kerusuhan.