Tidak Menstruasi Tapi Vagina "Berdarah"? Kenali Penyebabnya
Kesehatan

Tidak Menstruasi Tapi Vagina "Berdarah"? Kenali Penyebabnya

Jumat, 30 Sep 2016 | 21:15 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Sebagai wanita, kamu pasti tidak khawatir ketika vaginamu mengeluarkan darah setiap bulannya. Sebab kamu berpikiran bahwa ini adalah siklus menstruasi.

Namun, bagaimana jadinya jika vagina mengeluarkan darah tanpa sebab padahal kamu sedang tidak menstruasi? Well, ketahui penyebabnya dahulu sebelum panik.

Kehamilan

kehamilan bisa menjadi alasan kenapa vagina mengeluarkan darah. Sebab di minggu-minggu pertama kehamilan, banyak wanita yang mengalami pendarahan ringan atau munculnya bercak.

Konsumsi obat

Mengonsumsi obat tertentu seperti pil KB dan obat pengencer darah bisa menyebabkan pendarahan vagina karena ketidakseimbangan hormon.

Penyakit menular seksual

Jika kamu menderita penyakit menular seksual seperti klamidia, HVP, atau gonore, kamu bisa rentan mengalami pendarahan vagina.

IUD

IUD merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi. Karena cara memakainya adalah dengan dimasukkan ke vagina, maka hal ini bisa menyebabkan pendarahan.

Masalah tiroid

Pendarahan yang muncul di vagina juga bisa disebabkan karena kurang aktifnya kelenjar tiroid. Hal ini kemudian menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang membuat vagina berdarah.

ISK

ISK atau infeksi saluran kemih bisa membuat vagina berdarah. Jika kandung kemihmu sudah terinfeksi, maka akan muncul darah di urinmu.

PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik bisa membuatmu vaginamu mengalami pendarahan karena fluktuasi hormon yang terjadi dalam tubuh.

TAGS:
menstruasiBerdarahkehamilaniudiskpcos

RELATED STORIES

Loading interface...