Kisruh di Jatibaru, Helikopter Sirami Massa dengan Air Kali Ciliwung

Sofia
Sofia

Kisruh di Jatibaru, Helikopter Sirami Massa dengan Air Kali Ciliwung Sumber Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Winnetnews.com - Massa 22 Mei bentrok dengan aparat kepolisian di flyover Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebuah helikopter tiba-tiba datang dan menyirami massa dengan air yang berasal dari Kali Ciliwung.

Sebelum tiba di lokasi, helikopter itu terlebih dahulu mengambil air ke kali Ciliwung yang berada di bawah flyover. Heli itu kemudian mengarah ke massa aksi 22 Mei dan langsung menyiram air yang dibawa ke kerumunan demonstran.

Salah satu peserta aksi massa yang mengetahui helikopter mendekat membawa air sempat berteriak. "Awas disiram air," serunya. Mendengar arahan tersebut, peserta aksi lainnya langsung berhamburan menjauhi helikopter.

Dikutip dari Tirto.id (22/5/2019), Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan menduga demonstran di Bawaslu pada Selasa malam (21/5/2019) berbeda dari massa siang hari. "Massa malam hari berniat ingin rusuh," ujarnya.

Polisi kerahkan daya untuk membubarkan massa, namun massa bereaksi provokatif dan menantang polisi. Pukul 22:35, polisi menghalau massa ke arah Jalan Wahid Hasyim. 

Sebelumnya memang terjadi kericuhan di sekitar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu dini hari (22/5/2019). Massa 'perusuh' tersebut melempar batu, petasan, dan molotov ke arah perkumpulan polisi. Sekitar pukul 03.50, massa aksi 22 Mei membakar beragam benda di sekitar dan terlihat kobaran api mengepulkan asap hitam.