KK, Akta Lahir, dan Kematian Sekarang Bisa Dicetak Sendiri, Begini Caranya
Foto: Katadata.co.id
News

KK, Akta Lahir, dan Kematian Sekarang Bisa Dicetak Sendiri, Begini Caranya

Kamis, 9 Jul 2020 | 10:22 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Dukcapil Kemendagri membuat inovasi dengan mengeluarkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang memungkinkan masyarakat untuk masyarakat mencetak sendiri berbagai dokumen kependudukan dengan kertas putih HVS biasa.

"Ditjen Dukcapil ingin terus memberikan pelayanan yang semakin mudah. Dulu kalau Kartu Keluarga hilang warga harus buat lagi datang ke kantor Dinas Dukcapil, Akta Kelahiran hilang harus antre lagi ke Dukcapil. Sekarang Akta Lahir hilang, KK hilang, tinggal cetak lagi di rumah, bisa cetak sendiri," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, Rabu (8/7).

dia mengatakan, inovasi ini bisa teralisasi karena digitalisasi layanan administrasi kependudukan (Adminduk), dan tanda tangan elektronik (TTE) yang sudah diterapkan oleh Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri sejak 2019 lalu.

Bagaimana prosesnya?

Langkah pertama, masyarakat harus mengajukan terlebih dahulu permohonan untuk pencetakan dokumen kependudukan. Pengajuan dapat lewat kantor Dinas Dukcapil Kab/Kota, online melalui website, atau lewat mobile yang telah disediakan oleh masing-masing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota. Dalam proses pengajuan, masyarakat wajib memberikan nomor HP atau alamat email untuk keperluan langkah selanjutnya.

"Permohonan pelayanan kependudukan diproses oleh Dinas Dukcapil Kab/Kota sampai dengan ditandatangani dokumen kependudukannya secara TTE oleh Kepala Dinas Dukcapil," tutur Zudan.

Setelah diproses, masyarakat nantinya akan menerima notifikasi dari sistem SIAK melalui SMS dan email yang berisi link untuk mencetak dokumen kependudukan dalam format PDF. Link tersebut dapat digunakan oleh masyarakat untuk mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

Dalam hal keamanan, SMS atau email yang masuk akan disertai PIN yang bersifat rahasia. Selain itu dokumen dari link yang diterima bisa dicetak di kertas HVS 80 gram. Perubahan ini telah tertuang dalam Pasal 12 dan 21 Permendagri nomor 109 tahun 2019 tentang Formulir Dan Buku Yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan.

Akta Kelahiran HVS
Ilustrasi Akta Kelahiran dicetak di kertas HVS. (Foto: Dukcapil)
TAGS:
dukcapilkemendagrianjungan dukcapil mandiri

RELATED STORIES

Loading interface...