Klaim Batik dari Negaranya, Miss Malaysia ini Banjir Hujatan

Cindy Cesilia

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Klaim Batik dari Negaranya, Miss Malaysia  ini Banjir Hujatan
Foto:CNN

Winnetnews.com -  Lavanya Sivaji seorang Miss World Malaysia belum lama ini jadi bahan hujatan oleh netizen Indonesia dalam Instagram miliknya.

Hal ini terjadi lantaran Lavanya Sivaji mendapat protes dari netizen Indonesia saat dia membagikan postingannya di Instagram yang tengah memakai gaun batik dan bicara bahwa itu kain batik Malaysia.

"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Miss World Malaysia.

Tak butuh waktu lama, unggahan Sivaji ini langsung menuai protes dari netizen Indonesia.

"Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar," tulis salah satu netizen.

"Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009," tambah lainnya.

Tak butuh waktu lama, Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji menyampaikan permintaan maaf setelah menyebut batik sebagai budaya Malaysia.

"Halo semuanya! Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapa pun atas unggahan saya ini," tulis Sivaji.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...