Konsumsi Biji Rami Bisa Turunkan Berat Badan?
ilustrasi
Kesehatan

Konsumsi Biji Rami Bisa Turunkan Berat Badan?

Minggu, 1 Mar 2020 | 13:16 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Biji rami dikenal sebagai salah satu sumber serat yang dapat mengenyangkan perut dalam waktu yang tidak sebentar. Manfaat biji rami pun cukup banyak untuk kesehatan, terutama dipercaya bisa menurunkan berat badan. Mengapa demikian?

Alasan biji rami digunakan untuk menurunkan berat badan

Biji rami merupakan jenis biji-bijian yang sering diolah menjadi tepung sebagai bahan makanan. Selain digunakan untuk bahan makanan, biji rami menawarkan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh melalui suplemen herbal untuk mengatasi penyakit tertentu. 

Namun, tidak sedikit pula orang yang menggunakan biji rami untuk menurunkan berat badan. Ini dia beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut. 

1. Biji rami menurunkan berat badan karena kaya serat

image0

Salah satu alasan mengapa biji rami diyakini dapat memengaruhi berat badan seseorang adalah karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Menurut sebuah artikel dari Journal of Nutrition & Food Sciences, biji rami mengandung serat makanan yang dapat larut dan tidak larut di sistem pencernaan. 

Serat makanan merupakan serat yang berfungsi untuk meningkatkan berat di usus dan meningkatkan berat BAB Anda. Selain itu, serat makanan juga dapat mengurangi waktu transit makanan di usus. Dengan begitu, biji rami dapat mengendalikan nafsu makan dan glukosa darah serta mengurangi lemak darah. 

Sudah terbukti bahwa diet tinggi serat makanan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan peradangan di tubuh. Maka itu, biji rami dapat mengenyangkan dan bisa membuat angka timbangan bergerak ke kiri. 

TAGS:
biji ramiturunkan berat badankesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...