Konsumsi Makanan Ini Supaya Siklus Mentsruasi Kamu Teratur

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Konsumsi Makanan Ini Supaya Siklus Mentsruasi Kamu Teratur
Foto: Pexels/Cottonbro

Winnetnews.com -  Siklus menstruasi seorang wanita sangat beragam, ada yang teratur, tapi ada juga yang tidak. Tak melulu karena hamil, seorang perempuan juga bisa mengalami telat datang bulan karena kelelahan dan stres.

Meski wajar, namun siklus menstruasi yang teratur merupakan hal positif, karena itu menjadi tanda sistem reproduksi dan hormon yang ada dalam tubuh dalam keadaan baik. Normalnya seorang perempuan mengalami siklus menstruasi antara 12-35 hari.

Ahli diet dan pelatuh gaya hidup Gauri Anand mengatakan bahwa memperhatikan pola makan, sangat penting untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur.

“Diet memiliki peran penting dalam kesehatan siklus menstruasi. Mengonsumsi makanan seat dan menghindari junk food, makanan olahan, dan makanan dalam kemasan bisa menjadi langkah pertama untuk memiliki diet yang sehat,” jelasnya.

Melansir Cosmopolitan, berikut adalah beberapa jenis makanan yang disarankan oleh Gauri Anand agar siklus menstruasi teratur.

Makanan tinggi magnesium

Magnesium mampu meringankan kram yang terjadi saat menstruasi dan memperbaiki perubaha emosi ketika PMS. Kandungan ini juga membantu relaksasi otot, kram otot, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Makanan tinggi kalsium

Kalsium dapat mengurangi kram ketika menstruasi, retensi cairan dalam tubuh, membantu menyeimbangkan emosi, hingga mengurangi rasa lapar yang berlebih. Kalsium bisa didapatkan dari makanan seperti sayur-sayuran hijau.

Vitamin B6 dan B1

Kandungan vitamin B6 dan vitamin B1 bisa membantu mengurangi kram juga lho. Meksi bermanfaat, tapi ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Vitamin B6 disarankan hanya dikonsumsi sebanyak 50 mg, sedangkan vitamin B1 sebanyak 100 mg perhari.

Minum susu dengan taburan kayu manis

Taburan kayu manis yang ditambahkan dalam segelas susu, dapat membantu menjaga tingkat insulin yang ada di tubuh dan mempengaruhi hormon, serta siklus menstruasi.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...