Kopi Cold Brew Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Kopi Cold Brew Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan ilustrasi

Winnetnews.com - Selama ini kita sering mengonsumsi kopi yang diseduh dengan menggunakan air panas. Dengan menggunakan air panas, kopi akan mengeluarkan aroma dengan kuat dan rasa yang tersimpan bisa keluar dan larut dengan air. Selain menggunakan cara pengolahan seperti ini, kopi juga diolah dengan cara cold brew atau menggunakan air dingin.

Manfaat kopi cold brew untuk kesehatan

Menyeduh kopi dengan menggunakan air dingin tidak hanya akan memberikan sensasi yang nikmat saja. Rasa pahit dari kopi juga sedikit berkurang. Selain itu, kopi cold brew juga memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan seperti yang tersaji di bawah ini.

1. Meningkatkan metabolisme

Kopi yang diolah dengan cara cold brew ini memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, metabolisme tubuh akan meningkat hingga 13 persen kalau rutin mengonsumsi kopi baik yang diolah dengan air dingin atau diolah dengan air panas.

Peningkatan metabolisme ini bisa terjadi karena kopi mengandung kafein yang cukup besar. Asal dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, kafein akan membantu pembakaran kalori di dalam tubuh setiap harinya. Saat minum kopi, pastikan tidak memakai gula atau pakai sedikit saja agar tubuh tidak kelebihan kalori dan penurunan berat badan terganggu.

2. Menurunkan risiko sakit jantung

Di dalam kopi cold brew terdapat cukup banyak komponen bermanfaat seperti kafein, magnesium, komponen phenolic, trigonelline, lignan, dan quinide. Komponen ini mampu meningkatkan sensitivitas dari insulin di dalam tubuh. Insulin yang sensitif akan memudahkan tubuh menggunakan glukosa sehingga gula darah selalu stabil dan hipertensi tidak terjadi.

Kopi juga mengandung antioksidan yang cukup besar dan mampu mencegah terjadinya inflamasi di tubuh khususnya pembuluh darah dan jantung. Rutin mengonsumsi kopi cold brew bisa membuat jantung tetap sehat dan masalah seperti serangan jantung hingga stroke tidak akan terjadi.

3. Memperbaiki mood yang buruk

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi kopi setiap pagi sebelum bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Hal ini dilakukan karena kopi seperti memberikan semangat yang sangat besar dan memperbaiki mood. Beberapa orang yang awalnya tidak semangat bekerja, tidak akan malas setelah tubuh mendapatkan asupan kafein.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat dapat menurunkan depresi seseorang hingga 8 persen. Selanjutnya dari penelitian lain menyebutkan kalau mengonsumsi kopi apa pun jenisnya baik cold brew atau yang diolah secara panas mampu meningkatkan mood hingga 17 persen.

4. Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2

Rutin mengonsumsi kopi cold brew akan menstabilkan gula darah seperti yang telah dikatakan sebelumnya. Kalau gula darah di dalam tubuh cenderung stabil, kemungkinan mengalami diabetes tipe 2 akan rendah. Hal ini didapatkan kalau Anda minum sekitar 4-6 cangkir kecil kopi tanpa menggunakan gula. Penurunan risiko ini bisa mencapai 30 persen.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, mengolah kopi dengan cara cold brew juga akan menyehatkan bakteri yang ada di saluran cerna. Kondisi membuat pencernaan dan penyerapan makanan termasuk gula berjalan dengan stabil, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Kalau pencernaan berjalan cepat kemungkinan mengalami diare akan besar. Sementara itu kalau pencernaan sedikit terlambat, perut akan kembung karena mengalami sembelit. Dua hal ini sangat mengganggu kesehatan.