Kopi Mocha Bisa Tingkatkan Konsentrasi Daripada Kopi Biasa Loh!
Foto: Medical Daily
Lifestyle

Kopi Mocha Bisa Tingkatkan Konsentrasi Daripada Kopi Biasa Loh!

Rabu, 8 Mar 2017 | 14:53 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Saat kamu mulai mengantuk dan bosan, kamu akan mencari cemilan dan kopi agar rasa kantuk hilang. Tapi menurut sebuah studi baru, saat kamu sedang berjuang untuk memilih snack sore "penyemangat", kamu patut mencoba kopi moka. Penelitian ini menemukan bahwa menggabungkan cokelat dan kafein, bisa menambah kewaspadaan, mengarah ke tingkat perhatian yang lebih baik dan kecemasan yang lebih rendah.

Studi yang dipublikasikan secara online di BMC Nutrition, menemukan bahwa kakao, bahan utama dalam coklat, dapat meningkatkan kewaspadaan, bagaimanapun kualitasnya yang tinggi bila dicampur dengan kafein. Di sisi lain, minum kafein tanpa kakao tampaknya tidak mempengaruhi konsentrasi, tapi penambahan kakao memang membuat lebih konsentrasi daripada hanya meminum secangkir kopi saja, seperti laporan dari The Indy 100.

Kakao meningkatkan aliran darah ke otak, yang meningkatkan kognisi dan perhatian. Kafein sendiri dapat meningkatkan kecemasan, " jelas peneliti Ali Boolani, dalam siaran pers baru-baru ini. "Proyek khusus ini menemukan bahwa kakao mengurangi efek kecemasan, bila diproduksi bersamaan dengan kafein - alasan yang baik untuk minum mocha latte"

Untuk penelitian ini, relawan yang mengkonsumsi kakao, kakao berkafein, kafein, atau plasebo (rasa dan air berwarna saat diseduh). Relawan diukur pada motivasi mereka untuk melakukan kegiatan kognitif, suasana hati mereka, dan perhatian mereka. Hasil penelitian menunjukkan berulang kali bahwa kakao dan kafein bersama-sama memiliki hasil terbaik untuk motivasi, suasana hati, dan perhatian.

Coklat tidak hanya membantu untuk konsentrasi dan kewaspadaan. Rasa manis chocoholics juga dapat merendahkan resiko 'penyakit kardiovaskular. Sebuah studi 2015 menemukan bahwa asupan cokelat yang lebih tinggi dikaitkan dengan rendahnya risiko masalah kardiovaskular di masa depan. Meskipun alasan yang tepat untuk ini tidak jelas, tim menduga mungkin berhubungan baik dengan flavonoid, jenis antioksidan yang ditemukan dalam coklat, dan produk sampingan susu, seperti asam kalsium dan lemak.

TAGS:
konsentrasikopimochacoklat

RELATED STORIES

Loading interface...