Korban Penjualan Ginjal Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Bandung
Nasional

Korban Penjualan Ginjal Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Bandung

Jumat, 29 Jan 2016 | 13:28 | Rusmanto
WinNetNews.com - Mabes Polri terus melakukan penyelidikan atas terungkapnya sindikat transplantasi ginjal ilegal yang menjerat 3 orang tersangka. Saat ini polisi tengah berada di Bandung, Jawa Barat dan ada 5 orang korban yang sedang menjalani pemeriksaan akibat transplantasi tersebut.

"Saat ini ada 5 orang korban yang sedang menjalani pemeriksaan di Bandung, semuanya laki-laki," ujar Kasubdit III Dirtipidum Mabes Polri, Kombes Pol Umar Surya Fana saat dihubungi, Jumat (29/1/2016).

Umar tak menjelaskan secara rinci pemeriksaan medis seperti apa yang dijalani korban tersebut. "Pokoknya setelah dibedah, (kesehatan korban) sudah tidak normal lagi," jelasnya.

Transplantasi ginjal yang ikut menjerat beberapa rumah sakit di Jakarta ini terungkap setelah polisi menemukan seorang korban meringkuk kesakitan di dalam tahanan Polres Garut. Setelah diselidiki, terungkap bahwa pria tersebut telah menjadi korban transplantasi salah satu ginjalnya karena diimingi sejumlah uang.

 

Sejak bulan Januari hingga Desember 2015, 11 orang telah menjadi korban sindikat ini. "Semua berjenis kelamin laki-laki dan direkrut dari sejumlah daerah di Jawa Barat, seperti Garut dan Soreang," kata Umar.

Terkait keterlibatan rumah sakit atau dokter dalam kasus ini, Umar mengatakan semuanya masih perlu pendalaman.

"Ini masih pendalaman, apakah ada keterlibatan dokter atau rumah sakit," tutupnya.

disadur dari situs detik news

TAGS:
transplantasi ginjal

RELATED STORIES

Loading interface...