Korea Selatan Pamer Jet Siluman Baru Picu Emosi Korea Utara
Moon Jae In dan Kim Jong Un (foto: joe.e)
Internasional

Korea Selatan Pamer Jet Siluman Baru Picu Emosi Korea Utara

Selasa, 1 Okt 2019 | 14:21 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Baru-baru ini Korea Selatan memamerkan sejumlah jet tempur siluman F-35 baru yang baru diborong dari Amerika Serikat. Presiden Korea Selatan Moon Jae In menuturkan jika jet-jet tempur tersebut dapat melakukan patroli di wilayah luar Korea Selatan, termasuk pulau-pulau yang masih menjadi sengketa dengan Jepang.

Barunya jet-jet tempur ini dpertunjukkan pada Selasa (01/10) saat peringatan Hari Angkatan Bersenjaya. Militer Korea Selatan melakukan simulasi patroli menggunakan F-25A di Pulau Dokdo atau Pulau Takeshima

Korsel juga memamerkan sedikitnya empat F-35A yang dibeli oleh perusahaan Lockheed Martin tahun ini. Menurut keterangan beberapa sumber, masih ada sekitar 40 pesawat yang akan dikirim Amerika Serikat ke Korea Selatan hingga 2021 nanti.

Menurut penuturan Moon Jae In, aksi ini dilakukan Korea Selatan demi penguatan pertahanan untuk menghadapi situasi dan iklim dan keamanan global yang dirasa sangat tidak menentu. Ia menganggap bahwa militer Korea Selatan harus diperkuat dan terus berinovasi untuk mengantisipasi setiap ancaman.

“Serangan drone di Timur Tengah baru-baru ini menggambarkan kepada dunia bahwa ancaman-ancaman yang kita hadapi benar-benar berbeda dari masa lalu,” ungkap Moon Jae In, dikutip dari CNN  Indonesia, Selasa (01/10).

Pembelian alutista ini lantas memicu kemarahan Korea Utara. Melalui pernyataan Korea Utara, pembelian pesawat siluman ini berpotensi mengancam keamanan Korea Utara.

Beberapa waktu lalu Pyongyang bahkan mengritik latihan militer gabungan yang dilakukan oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat. Baik Amerika Serikat dan Korea Selatan saat ini melakukan upaya rekonsiliasi dengan Korea Utara.

 

TAGS:
Kim Jong UnMoon Jae InKorea UtaraKorea Se;atanAmerika Serikatpesawat siluman F35

RELATED STORIES

Loading interface...