Korut Uji Coba Rudal Lagi
Internasional

Korut Uji Coba Rudal Lagi

Rabu, 22 Jun 2016 | 11:05 | Rusmanto
WinNetNews.com - Korea Utara (Korut) dikabarkan kembali melakukan uji coba peluncuran rudal jarak menengah. Salah satu dari dua rudal yang diuji coba, gagal meluncur.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/6/2016), uji coba ini merupakan yang kelima kali mengalami kegagalan sejak April lalu.

Meskipun kegagalan yang berulang kali terjadi, Korut tetap melakukan uji coba. Tak kurang, uji coba itu membuat khawatir negara seperti Korea Selatan (Korsel) dan sekutunya, Amerika Serikat (AS) serta Jepang.

Adapun jenis rudal yang diuji kali ini diduga rudal Musudan. Rudal ini berpotensi bisa menempuh jarak hingga 3.500 kilometer. Rudal itu bisa menggapai sebagian besar Asia dan Pasifik termasuk juga pangkalan militer AS di Guam.

Setiap tes baru diperkirakan bisa memberikan data terkini bagi ilmuwan dan pejabat militer Korut. Uji coba dilakukan demi mendorong program nuklir dan rudal serta roket jarak jauh yang bisa mengancam wilayah AS.

Pada awal tahun ini, Korut melakukan uji coba nuklir dan roket jarak jauh. Pihak barat melihat tes tersebut merupakan uji coba terselubung bagi teknologi rudal yang dilarang.

Pernyataan dari Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan bahwa uji rudal Musudan pertama gagal diluncurkan, tetapi tidak memberikan detail dari tes yang berlangsung di Wonsan tersebut. Sementara uji rudal kedua, masih belum dipastikan juga berhasil.

Korut dikenakan berbagai sanksi karena melakukan uji coba rudal dan nuklir. Namun meskipun sanksi yang diterapkan baik oleh PBB dan unilateral seperti dari AS sudah cukup keras, Negara Komunis itu tetap bersikeras untuk melakukan uji coba.

TAGS:
rudal korut

RELATED STORIES

Loading interface...