KPU Nilai Kubu Prabowo-Sandi Gagal Paham soal Situng
Gedung KPU
News

KPU Nilai Kubu Prabowo-Sandi Gagal Paham soal Situng

Selasa, 18 Jun 2019 | 11:32 | Daniel

Winnetnews.com - Sidang sengketa pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi dilanjutkan pada hari ini Selasa (18/6). Agenda untuk sidang kali ini adalah mendengarkan tanggapan dari pihak tim hukum pasangan calon 01, Bawaslu, dan juga KPU.

Pihak tim hukum KPU berpendapat Tim Hukum Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno gagal paham soal sistem perhitungan yang dilakukan oleh KPU atau biasa dikenal dengan sebutan Situng. Menurut KPU, tuduhan Situng yang direkayasa untuk memenangkan salah satu paslon adalah sebuah kekeliruan besar.

“Tuduhan rekayasa Situng untuk memenangkan salah satu calon adalah tuduhan yang tidak benar atau bohong sebagaimana dikembangkan oleh salah satu pemohon yaitu WN yang baru satu hari yang lalu pada hari Senin kemarin ditangkap Bareskrim karena telah menyebarkan berita bohong,” jelas Tim hukum KPU, Ali Nurdin dalam eksepsinya di sidang.

Menurut Ali, Situng KPU hanyalah “alat bantu” dalam pengelolaan data hasil Pilpres 2019. “Karena pengelolaan data pada Situng KPU hanya merupakan alat bantu yang berbasis teknologi informasi untuk mendukung akuntabilitas kinerja dalam pelaksanaan tahapan penghitungan rekapitulasi serta penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2019, ujar Ali.

Ali menambahkan, prosedur penggunaan Situng yang dilakukan oleh KPU sudah sesuai dengan “keputusan Termohon 536 tahun 2009 tentang petunjuk penggunaan Situng.” Atas dasar itulah menurut Ali pihak pemohon (Tim Hukum Prabowo-Sandi) “gagal paham dalam menempatkan Situng pada proses penghitungan rekapitulasi hasil penghitungan suara.”

TAGS:
Pilpres 2019KPUPrabowo SubiantoSandiaga Uno

RELATED STORIES

Loading interface...