Lacak COVID-19, Instagram Bikin Fitur Keren
Foto: Entity Mag
Technology

Lacak COVID-19, Instagram Bikin Fitur Keren

Senin, 20 Apr 2020 | 14:55 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Dua pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger baru saja mengumumkan telah kembali bekerja sama dalam proyek terbaru. Namun proyek baru ini bukan media sosial, melainkan situs pelacakan Covid-19.

Dikutip Liputan6.com dari Engadget, Senin (20/4), keduanya baru saja meluncurkan situs yang diberi nama Rt.live. Situs ini hadir untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 di Amerika Serikat.

Menurut Mike, proyek ini mengambil pendekatan sistem open source yang dibuat Kevin. Adapun metode yang digunakan adalah menghitung jumlah rata-rata orang terinfeksi dari orang terinfeksi lainnya atau lebih dikenal sebagai Rt.

Perhitungan itu lantas dipantau setiap hari untuk menunjukkan seberapa baik kondisi sebuah wilayah. Sistem ini menggunakan skala perhitungan dengan angka 1 sebagai patokan.

Mike mengatakan semakin tinggi nilai atau jauh di atas 1, berarti penyebaran Covid-19 di wilayah itu lebih cepat. Sementara wilayah dengan nilai di bawah 1 menunjukkan penurunan penyebaran.

Tidak hanya itu, situs ini juga memudahkan pengunjung membaca informasi dengan menyajikan beberapa filter, mulai dari wilayah, informasi terbaru, atau lokasi shelter yang dipilih.

Untuk diketahui, situs ini hanya ditujukan untuk wilayah yang terdampak di Amerika Serikat. Karenanya, informasi yang ditampilkan berasal dari negara bagian di Amerika Serikat.

Informasi, sistem Rt.live ini sebenarnya dikembangkan Kevin dari apa yang sudah dilakukannya di Instagram. Dengan metode yang kurang lebih sama, dia melakukan studi tentang hal-hal viral untuk mendorong pertumbuhan Instagram.

Terlepas dari upaya kedua pendirinya, Instagram sendiri menambahkan sebuah stiker baru pada galeri stiker di fitur Instagram Stories.

Stiker terbaru yang diberikan Instagram bertuliskan ucapan "Terima Kasih" dan bisa dipakai oleh pengguna Instagram per Senin (13/4). Total, ada tiga jenis desain stiker Terima Kasih yang bisa dipakai pengguna.

Mengutip keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, kehadiran stiker Terima Kasih ini terkait apresiasi terhadap sejumlah profesi yang menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi Covid-19.

"Ada profesi tertentu memegang peranan penting dan selalu berada di garda terdepan memerangi pandemi dan bekerja keras tanpa mengenal lelah untuk menjaga keselamatan dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia," kata Instagram dalam keterangannya.

Lewat stiker Terima Kasih ini, Instagram ingin membantu pengguna mewujudkan dukungan dan rasa terima kasih kepada pahlawan di masa sulit ini.

Misalnya kepada petugas medis, pemerintah, polisi, pengemudi ojol, petugas di layanan perbankan, dan lain-lain.

TAGS:
InstagramMedia SosialSitusCOVID-19

RELATED STORIES

Loading interface...