Ladies Ini Peluang Kehamilan Wanita di Usia 30 dan 40 Tahun
Kesehatan

Ladies Ini Peluang Kehamilan Wanita di Usia 30 dan 40 Tahun

Selasa, 19 Apr 2016 | 18:00 | Rike
WinNetNews.com-Dengan bertambahnya usia, kualitas sel telur terus menurun. Wanita yang berusia di atas 30-an baiknya tak menunda memiliki anak, sebab peluang kehamilannya lebih rendah ketimbang ketika berusia lebih muda.

American Society for Reproductive Medicine mengatakan, wanita sehat berusia 30-an miliki peluang hamil alami sekitar 20 persen tiap bulannya. Di usia 40-an, peluang itu turun sekitar 5 persen. Nyaris sepertiga wanita berusia 40-44 tahun tak subur, jika dibandingkan dengan 22 persen wanita berusia 35-39 tahun. Sementara pada wanita berusia 25-29 tahun, hanya 9 persen saja yang tak subur. Kesuburan mulai menurun di usia 30 tahun, namun terjadi dengan bertahap selama lima tahun atau lebih. Di usia ini, bila wanita melakukan program bayi tabung peluang keberhasilannya lebih besar dibanding wanita berusia lebih matang.

Sedangkan, kesuburan bakal terus menurun di atas usia 35 tahun sampai 39 tahun. "Penurunan itu karena sel telur mengalami penuaan sehingga menjadi makin sulit dibuahi," jelas Benjamin Younger, dokter kandungan.

Dokter umumnya tak merekomendasikan wanita di usia ini menunda kehamilan dan tak terlambat memeriksakan diri ke dokter bila belum juga hamil usai setahun melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi.

"Masalah terbesar pada pasangan infertil adalah menunda pemeriksaan. Ada perbedaan besar dalam peluang keberhasilan pada wanita di akhir usia 30-an dan awal 40-an," jelas Ruth Fretts, dokter obgyn dari Harvard Medical School.Di usia ini risiko gangguan kesehatan ketika hamil pun menjadi lebih besar, antara lain hipertensi, diabetes kehamilan, serta kemungkinan lahir melalui operasi caesar.

Kabar baiknya nih, wanita berusia lebih dari 40 tahun yang bisa melahirkan bayi tanpa bantuan obat kesuburan atau program reproduksi berbantu, memiliki umur yang lebih panjang. Kenapa? Ternyata ini berhubungan dengan estrogen. Wanita usia subur memiliki kadar estrogen lebih tinggi. Hormon ini juga penting dalam menjaga kesehatan jantung, tulang, dan organ tubuh lainnya. Meski begitu, wanita usia 40-44 tahun yang dapat memiliki bayi hanya sekitar satu persen dari populasi. Peluang kehamilan dalam satu bulan memang hanya sekitar 5 persen usai mencapai usia 40.

Sumber:kompas.com

Foto: http://www.pregnancyapproach.com

TAGS:

RELATED STORIES

Loading interface...