Lakukan Hal ini Jika Ingin Ibumu Berumur Panjang

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Lakukan Hal ini Jika Ingin Ibumu Berumur Panjang Ilustrasi: Shutterstock
Winnetnews.com - Semua anak di dunia ini tentu sangat menyayangi ibu mereka. Ibu merupakan sosok krusial dalam kehidupan seorang anak. Jika kamu benar-benar menyayangu ibumu, wajib buatmu untuk bisa menyenangkan hatinya. Menyenangkan hati ibu bisa dilakukan dengan selalu menemani dan meluangkan waktu untuknya.

Namun tahukah kamu jika dengan meluangkan waktu sedikit lebih lama dapat membuat ibumu berumur panjang? Sebuah riset menyebutkan jika waktu-waktu yang kamu luangkan kamu menemani ibumu bisa menjadi salah satu pemicu kesehatan dan kebahagiaan ibu.

Riset ini dilakukan oleh Universitas San Francisco, California. Riset ini melibatkan 1.600 responden dengan rentang usia antara 60-70 tahun. Penelitian ini mengungkap jika kesendirian dapat berpengaruh pada kesehatan seseorang.

Penelitian ini dilakukan selama enam tahun. Hasilnya, para ilmuwan menemukan bahwa kesendirian memberikan dampak yang signifikan bagi orang-orang berumur. Sebanyak 43,3 persen responden dalam penelitian ini mengaku kesepian, 32 persen mengaku merasa kehilangan sahabat, 25 persen merasa ditinggalkan, dan 18 persen merasa sepert terasing.

Kesendirian merupakan faktor yang sering membuat orang menderita. Orang yang sendiri akan cenderung merasa terasing, tidak ada yang memiliki, atau tidak memiliki persahabatan. Itulah mengapa orang yang bekerja akan cenderung hidup lebih lama karena memiliki hubungan yang baik dengan sesama.

Tidak hanya itu. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa kematian bisa diakibatkan karena adanya perasaan negatif. Orang-orang kesepian tidak akan mendapat energi positif dan motivasi dari orang-orang sehingga dapat menuntun mereka pada gejala depresi.

Para peneliti ini kemudian menganjurkan kepada setiap orang untuk bisa lebih menyayangi orang tua mereka dengan membuat mereka merasa tidak kesepian. Kamu bisa meluangkan waktumu untuk mengajak mereka bercerita, bersenda gurau, atau sekadar menelfon untuk meminta saran atau bantuan.

Jika kamu tinggal jauh dari rumah, usahakan untuk rutin mengunjungi atau menelfon ibumu. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun percayalah, dengan membagi sedikit waktu sibukmu untuk ibu, itu berarti kamu ikut membantunya untuk hidup lebih lama dan lebih bahagia.