Latihan Pernapasan untuk Redakan Stres dan Cemas
ilustrasi
Lifestyle

Latihan Pernapasan untuk Redakan Stres dan Cemas

Minggu, 15 Des 2019 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bernapas adalah aktivitas yang diatur secara otomatis oleh tubuh. Namun tahukah Anda bahwa pernapasan juga dapat dilatih dan latihan ini dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah berbagai latihan pernapasan yang dapat Anda coba!

Latihan Pernapasan

Pernahkah Anda merasa panik dan dapat kembali menenangkan diri dengan mengatur pernapasan Anda? Latihan pernapasan memang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan antara lain seperti meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi stres atau kecemasan.

Berikut adalah 10 jenis latihan pernapasan yang bisa Anda coba latih di rumah!

1. Pernapasan Diafragma

Pernapasan diafragma atau disebut juga pernapasan perut adalah latihan pernapasan yang dapat membantu Anda untuk menggunakan diafragma dengan benar.

Lakukan latihan pernapasan ini ketika Anda merasa rileks dan sedang tidak melakukan aktivitas apapun. Latihan ini dapat dilakukan selama 5 hingga 10 menit dengan intensitas 3 hingga 4 kali sehari.

Latihan pernapasan diafragma dapat membuat Anda kelelahan pada awalnya. Namun seiring dengan latihan rutin, kemampuan Anda akan meningkatkan secara alami.

Cara melakukan latihan pernapasan diafragma adalah sebagai berikut:

  • Berbaring telentang dengan lutut sedikit ditekuk dan kepala di atas bantal.
  • Letakkan bantal di bawah lutut untuk penyangga (opsional).
  • Letakkan satu tangan di dada bagian atas dan tangan lainnya di bawah tulang rusuk, posisi ini memungkinkan Anda merasakan gerakan diafragma.
  • Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung, rasakan perut Anda menekan tangan Anda.
  • Pastikan tangan satunya tetap pada posisi semula.
  • Buang napas menggunakan bibir yang mengerucut sambil mengencangkan otot-otot perut dan menjaga tangan atas Anda tetap diam.
TAGS:
pernapasanstrescemas

RELATED STORIES

Loading interface...