Lava Gunung Kilauea Hancurkan Puluhan Rumah  di Hawai
Sumber:BBC
Internasional

Lava Gunung Kilauea Hancurkan Puluhan Rumah di Hawai

Senin, 7 Mei 2018 | 15:49 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Gunung Kilauea yang terletak di Hawai masih terus erupsi. Dikutip dari BBC,  setelah gempa bumi besar pertama sejak 43 tahun terakhir, mengguncang Pulau Besar Hawaii (Big Island Hawaii) pada Sabtu, 5 Mei 2018.

Gempa tersebut menghantam wilayah konservasi di dekat Leilani Estates, sebuah distrik berpenduduk 2.000 orang yang berjarak 220 mil (sekitar 354 kilometer) dari Honolulu, pada Jumat malam, 4 Mei 2018.

Meningkatnya aktivitas gunung api teraktif di Hawaii itu juga memicu retakan di beberapa titik di Leilani Estates, yang mendorong aliran lava mengalir ke area permukiman warga.

Lembaga geologi nasional Amerika Serikat (AS), USGS, melaporkan, tujuh hingga delapan retakan muncul di Leilani Estates, di mana beberapa di antaranya menyemburkan lava yang disertai kobaran api.

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Kilauea menyebabkan serangkaian gempa bumi di Big Island Hawaii sejak awal pekan lalu, dan berujung pada letusan pertama yang terjadi pada Kamis malam, 2 Mei 2018.

Dorongan lava juga menyebabkan dinding kawah Pu’u Oo runtuh, sehingga memicu muntahan asap dan uap panas yang membumbung tinggi ratusan meter ke udara.

Menurut Associated Press, sekitar 10 ribu orang penduduk di sekitar Gunung Kilauea didesak untuk segera menyiapkan evakuasi sejak Selasa, 1 Mei 2018.

Distrik Lelilani Estates disebut sebagai wilayah dengan dampak kerusakan paling serius. Aliran lava gunung api tersebut dilaporkan menghancurkan 26 rumah.

Menurut USGS, Gunung Kilauea dianggap sebagai yang paling aktif dari total lima gunung api di Hawaii, dan berlokasi di wilayah tenggara Pulau Besar Hawaii.

Gunung Kilauea juga diketahui sesekali menunjukkan tanda erupsi sejak terakhir kali meletus pada 3 Januari 1983. Adapun aktivitas vulkanik sempat dilaporkan intens terjadi pada 2014, yang berlangsung selama berbulan-bulan.

TAGS:
Gunung api Kilaueahawaii

RELATED STORIES

Loading interface...