Lawang Sewu Kembali Buka, Berani Coba?
Lokasi wisata gedung tua di Kota Semarang, Lawang Sewu kembali dibuka pasca pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Tengah. (Foto: Tripadvisor)
Traveling

Lawang Sewu Kembali Buka, Berani Coba?

Jumat, 10 Jul 2020 | 17:28 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Salah satu lokasi wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah yang populer dengan berbagai keindahan ornamen, furnitur, serta menyimpan misteri, Lawang Sewu kembali dibuka usai ditutup sejak pandemi virus corona merebak di Indonesia dan dunia.

Protokol kesehatan tetap diterapkan meski sudah dibuka untuk umum. Ada beberapa tahapan yang harus dijalankan pihak gedung tua tersebut. Pada fase awal, pihak pengelola memberlakukan pola kunjungan uji coba. Nantinya jumlah pengunjung Lawang Sewu akan dibatasi mencapai 43 persen dari kapasitas normal.

"Hanya 3.000 pengunjung yang boleh masuk dan mengutamakan pembayaran non tunai. Pengunjung kami batasi berdasarkan hitungan jumlah rata-rata setiap hari yang datang sekitar 6.000 wisatawan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari, seperti dilansir dari Dream, Jumat (10/7).

Indriyasari menyampaikan, lokasi wisata favorit di Kota Semarang ini merupakan yang ke-54 setelah sebelumnya mengizinkan pembukaan kembali 53 lokasi wisata lainnya di tengah pandemi Covid-19.

"Kita sudah cek, bahwa sudah siap untuk operasional. Jarak antrean di pintu masuk sudah ditata dan sudah disediakan tempat cuci tangan," kata dia.

Direktur Utama PT KA Wisata, Totok Suryono, mengatakan jumlah wisatawan di Lawang Sewu dibatasi hanya sebanyak 3.000 orang. Penjualan tiket harian akan dihentikan jika kuota sudah terpenuhi.

"Yang lebih penting, kami sudah siapkan ruang isolasi kalau ada kondisi darurat sebelum dibawa ke rumah sakit," ucap Totok.

Dalam pelaksanaan protokol kesehatan nantinya, Totok menjelaskan akan disiapkan petugas untuk mengontrol pengunjung. Petugas akan mengurai jika terjadi kerumunan.

" Setiap ada kerumunan pengunjung nanti petugas akan mendatangi dan beri tahu untuk jaga jarak dan pemakaian masker," terang Totok.

TAGS:
lawang sewukota Semarangpandemi virus corona

RELATED STORIES

Loading interface...