Liburan Ternyata Berguna juga untuk Kesehatan Mental

Rusmanto
Rusmanto

Liburan Ternyata Berguna juga untuk Kesehatan Mental ilustrasi

Winnetnews.com -  Liburan alias traveling bisa jadi pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran ketika stres dan rasa jenuh melanda. Kegiatan traveling bahkan tak hanya ampuh mengurangi stres, tapi juga membawa manfaat bagi kesehatan mental Anda. Apa saja?

Manfaat traveling bagi kesehatan mental

Bagi Anda yang menghabiskan belasan jam untuk bekerja setiap hari, cobalah menyempatkan diri untuk menikmati liburan sejenak.

Berlibur memberikan Anda kesempatan untuk melakukan kegiatan yang Anda gemari. Selain itu, melakukan traveling bisa membawa manfaat yang menguntungkan kondisi mental Anda karena Anda melakukannya bebas dari beban.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Memberikan kepuasan dan rasa bahagia

Berlibur dapat memberikan kepuasan dari segi fisik maupun psikologis. Dengan liburan, Anda mendapatkan kesimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Anda pun tidak dihadapkan pada tekanan rutinitas selama menikmati waktu liburan.

Semua hal tersebut membuat Anda merasakan kepuasan dan rasa bahagia.

Bahkan, tak hanya saat liburan, emosi positif tersebut juga bisa bertahan hingga berminggu-minggu kemudian. Hasilnya, kesehatan mental Anda jauh lebih baik.

2. Menjadi lebih produktif

Stres berkepanjangan yang berasal dari pekerjaan dan kehidupan sehari-hari dapat menghambat kinerja otak. Akibatnya, produktivitas menurun dan Anda kesulitan untuk fokus.

Traveling dapat mengurangi stres sehingga Anda bisa tetap produktif saat bekerja. Selain itu, rasa bahagia dari traveling juga akan meningkatkan kinerja otak dan tentunya berdampak positif pada pekerjaan Anda.

Hal ini dibuktikan dalam surevi yang dimuat dalam Harvard Business Review. Studi tersebut menyebutkan karyawan yang berlibur ternyata bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih mudah.

Mereka pun bekerja lebih produktif dibandingkan rekan-rekannya yang tidak berlibur.

3. Menurunkan risiko gangguan psikologis

Salah satu manfaat traveling bagi kesehatan mental adalah mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan. Pasalnya, kegiatan ini menjauhkan Anda dari orang-orang dan aktivitas yang memicu produksi hormon kortisol penyebab stres.

Anda bahkan tak harus berlibur panjang untuk bisa memperoleh manfaat ini. Liburan singkat selama tiga hari saja sudah dapat menurunkan hormon stres dan membuat pikiran Anda terasa jernih kembali.