Luruskan Rambut Tanpa Catok, Ini Dia Tips dari Ahli
Rambut lurus. (Foto: headcurve.com)
Lifestyle

Luruskan Rambut Tanpa Catok, Ini Dia Tips dari Ahli

Rabu, 19 Jun 2019 | 13:35 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Rambut lurus memang terlihat lebih rapi dan mudah diatur sedemikian rupa. Itulah sebabnya banyak wanita yang memilih mencatok rambutnya. Berbagai cara bisa dilakukan termasuk yang praktis seperti melakukan smoothing atau rebonding di salon.

Namun kamu harus berhati-hati, karena terlalu sering meluruskan rambut dengan alat bersuhu panas dapat membuat rambut rentan rusak dan mengubah teksturnya. Kamu gak mau kan rambut kamu sampai patah, rontok, kusam, dan bercabang? Yuk simak beberapa tips dari para pakar untuk merawat rambut agar tetap lurus dan lembut alami.

Mulailah dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang tepat

"Sangat penting untuk memulai dengan sampo dan kondisioner yang tepat dibuat untuk rambut lurus," kata Laura Polko, seorang selebriti stylist. "Setelah mencuci rambut, usahakan mendapat kelembaban sebanyak mungkin dari mosturizer rambut, lalu oleskan krim smoothing atau gunakan kondisioner tanpa bilas untuk menyiapkan rambut Anda dan gunakan serum atau minyak smoothing, tergantung pada jenis rambut, untuk sentuhan terakhir."

Gunakan handuk berdaya serap tinggi

"Teknik pelurusan ‘bebas-panas’ bekerja paling baik pada tekstur rambut yang halus hingga yang lurus atau sedikit bergelombang," kata Jill Engelsen, stylist senior di Butterfly Studio New York City, seperti dikutip dari Elle (8/3). Dan meskipun bisa memakan waktu berjam-jam agar rambut benar-benar kering, Engelsen merekomendasikan untuk memulai proses pengeringan dengan menggunakan handuk yang berdaya serap tinggi, ini membantu melembabkan rambut dengan cepat tanpa menyebabkan kerusakan dan rambut kusut.

Rajin menyisir rambut sampai kering

"Untuk rambut yang panjang hingga sedang dan mudah diluruskan, sisir rambut yang basah ke bawah dan tarik erat-erat dengan tangan Anda setiap beberapa menit hingga mengering," kata Engelsen. "Pada rambut bergelombang alami, teknik ini akan memberikanmu tampilan city-chic yang sering kamu lihat di panggung peraga—dan kamu bisa melakukan sentuhan akhir dengan minyak atau pomade di ujungnya untuk melembutkannya." Jika Anda tidak yakin dengan sisir apa yang harus dipakai, mulailah dengan Wet Brush.

Bungkus rambut basah Anda, lalu tunggu

Menurut Ricardo Rojas, penata rambut selebriti dari New York City. Mengeringkan rambut dengan udara dingin sampai hampir kering, bagi rambut anda menjadi beberapa bagian, kemudian mengambil bagian-bagian itu dan menjepitnya di kepala, lalu membungkusnya. Lakukan ini di malam hari. Esok paginya rambut akan terasa halus dan lurus. Jill Engelsen juga merekomendasikan metode jenis ini.

Gunakan rol jumbo

"Untuk rambut panjang, gunakan sekitar enam rol jumbo dan bagi-bagi rambut yang dikeringkan dengan handuk setinggi rol, sisir, dan bungkus rambut Anda rata dengan rol," kata Engelsen. “Rol plastik, lebih dari Velcro atau busa, bekerja lebih baik untuk mencapai efek yang lebih halus.”

Gunakan produk perawatan yang  tepat

Engelsen merekomendasikan agar menggunakan gel serum rambut dan heat-protectant double serum. Coba pengaturan udara dingin pada pengering rambut Anda.

"Saya sarankan untuk menggunakan blow dryer dengan udara dingin, gunakan kombinasi sisir dan jari-jari Anda untuk membantu meluruskan," kata Rojas. "Setelah benar-benar kering, gunakan produk alami seperti coconut oil untuk melemaskan kutikula rambut dan mengurangi rambut kusut."

TAGS:
rambutcatokpenata rambut

RELATED STORIES

Loading interface...