Main Ponsel 10 Jam Per Hari, Remaja Ini Alami Buta Warna
Sumber: World of Buzz
Viral

Main Ponsel 10 Jam Per Hari, Remaja Ini Alami Buta Warna

Rabu, 23 Okt 2019 | 15:19 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Sudah banyak riset yang menunjukkan kalau terlalu lama bermain ponsel dapat mengganggu kesehatan. Namun, beberapa orang tetap tidak peduli dengan hal tersebut dan masih sering bermain handphone dengan waktu yang lama.

Dilansir dari World of Buzz, seorang remaja berusia 16 tahun asal Kaohsiun, Taiwan,menjadi buta warna setelah ia menghabiskan liburan musim panasnya dengan bermain ponsel selama lebih dari 10 jam perhari.

Dr. Hung Chi-ting mengatakan kalau remaja ini terkena paparan cahaya biru dari ponselnya yang menyebabkan sel matanya mengalami kerusakan, dan berakhir dengan “buta warna hijau-merah”.

Dokter juga mengatakan pada media Taiwan, kalau ini adalah kasus buta warna pertama di dunia yang terjadi karena terlalu lama menggunakan ponsel.

Untungnya, remaja yang bernama Liu ini mendapatkan perawatan medis untuk kondisinya ini saat masih berada di tahap awal dan masih bisa diselamatkan dari kebutaan warna permanen.

Diketahui, selain terlalu lama bermain handphone, remaja ini juga kerap kali menggunakannya di tempat yang gelap.

Liu mengatakan ia mulai mencari pertolongan medis pada September lalu, ketika dia hampir saja  tertabrak. Saat itu, ia akan menyebrang jalan, namun dia tidak bisa membedakan warna dari lampu penyebrangan tersebut.

image0

“Aku tidak tahu kalau lampu tersebut berwarna merah. Seorang kerabat, menarikku ketika aku akan menyebrang jalan, lalu bertanya kenapa aku bisa sangat ceroboh saat lampu tersebut berwarna merah,” kata Liu.

Remaja ini sempat kebingungan dan mulai khawatir ketika ia mulai kehilangan kemampuannya untuk melihat di tempat gelap.

Setelah perawatannya berhasil, Dr. Hung memperingati Liu dan warganet lain untuk tidak menghabiskan lebih dari lima jam sehari saat menggunakan handphone.

Dia juga menyarankan publik untuk mengistirahatkan matanya selama 10 hingga 30 menit ketika sedang menggunakan ponsel, agar tidak mengalami risiko kehilangan kemampuan untuk membedakan warna.

TAGS:
buta warnamain ponselradiasi ponsel

RELATED STORIES

Loading interface...