Mainan Impor Anak untuk Usia Diatas 14 Tahun Tidak Wajib SNI
ilustrasi
News

Mainan Impor Anak untuk Usia Diatas 14 Tahun Tidak Wajib SNI

Rabu, 24 Jan 2018 | 15:51 | Rusmanto

WinNetNews.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengaku ada kekeliruan dalam sosialisasi aturan mainan impor wajib berSNI.

Yang sudah ramai di telinga publik bahwa semua jenis mainan tanpa terkecuali, baik untuk anak (14 tahun ke bawah) maupun dewasa (di atas 14 tahun) dikenakan kewajiban pelabelan SNI jika mainan yang dibawa sebagai barang bawaan penumpang lebih dari 5 buah, dan sebagai kiriman lebih 3 buah.

Namun, Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN Wahyu Purbowasito mengklarifikasi hal tersebut. Dia memastikan aturan tersebut tidak berlaku untuk mainan orang dewasa atau di atas usia 14 tahun.

"Yang umur 14 tahun ke atas kan enggak kena SNI wajib," katanya ketika ditemui di kantornya, Rabu (24/1/2018).

Dia memastikan lagi, bahwa aturan itu berlaku untuk mainan anak-anak saja. Sementara mainan yang untuk kategori orang dewasa tidak.

"Enggak, enggak, enggak (wajib SNI), karena dia kategorinya bukan 14 tahun ke bawah. Yang di atas 14 tahun ke atas enggak kena, enggak wajib," tegasnya.

Dengan kata lain, jika kita hendak membeli mainan orang dewasa dari luar negeri, lebih dari yang telah ditetapkan sebagaimana yang berlaku di aturan baru, maka dibebaskan dari kewajiban pengurusan label SNI.

"Gini, harus dilihat belinya apa dulu? Untuk 14 tahun ke atas atau tidak? untuk 14 tahun ke atas enggak kena," tambahnya. (detikcom)

TAGS:
Badan Standardisasi NasionalWahyu Purbowasitomainan anak

RELATED STORIES

Loading interface...