Majalah Amerika Ini Tuai Kritik Tajam Usai Singgung Kematian Jonghyun SHINee di Artikel Wawancara BTS!

Nisa Diniah

Dipublikasikan 3 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Majalah Amerika Ini Tuai Kritik Tajam Usai Singgung Kematian Jonghyun SHINee di Artikel Wawancara BTS!
Foto: Koreaboo

Winnetnews.com - BTS baru-baru ini terpilih menjadi model sampul majalah ternama di Amerika Serikat "The Hollywood Reporter" untuk edisi Oktober. Tentunya, banyak penggemar yang menantikan perilisan majalah tersebut. Sayangnya, setelah artikel BTS tersebut dirilis pada 2 Oktober kemarin justru menuai beragam kritikan dan kekecewaan dari para penggemar K-Pop setelah membacanya.

ARMY (penggemar BTS) menuduh The Hollywood Reporter menyebarkan informasi yang salah mengenai BTS dan mengabadikan stereotip industri K-Pop. Tak berhenti sampai disitu, Shawol (penggemar SHINee) dan penggemar dari fandom K-Pop lainnya juga menunjukkan kemarahan mereka.

image0

image1

Reporter The Hollywood Reporter menggambarkan K-Pop sebagai "bagian dari Motown, bagian dari Hunger Games". Sementara program pelatihan untuk para trainee di setiap agensi digambarkan sebagai "kamp pelatihan" militan.

"Ribuan calon bintang K-Pop berkompetisi dengan gaya idol Amerika. Mereka yang cukup beruntung dapat mencapai level berikutnya menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari kerajinan mereka di dalam kamp pelatihan K-Pop yang rahasia, di mana mereka kadang-kadang menjalani diet berbahaya, aturan sosial yang ketat (tidak ada kencan), jadwal latihan yang melelahkan dan prosedur operasi plastik serta memutihkan kulit," tulis The Hollywood Reporter.

Selain itu, The Hollywood Reporter juga membahas kematian tragis Jonghyun SHINee dan digunakan sebagai contoh betapa brutalnya industri K-Pop. 

image2

"Hanya yang terbaik dari yang terbaik berakhir di band K-Pop yang sebenarnya, sementara beberapa tidak bertahan sama sekali. Pada 2017, industri ini mendapat sorotan tajam setelah seorang member SHINee, band K-Pop populer lainnya, mengambil nyawanya sendiri, menulis dalam catatan bunuh diri bahwa dia merasa 'hancur di dalam'," lanjut The Hollywood Reporter. 

Banyak penggemar SHINee yang merasa bahwa menyebut Jonghyun dalam konteks ini dinilai tidak sopan. Beberapa dari mereka mengklaim bahwa Jonghyun disebutkan dalam artikel tersebut dan penggambaran stereotip artikel tentang industri K-Pop, adalah tren berkelanjutan di media yang harus diakhiri.

Hal itu sontak menuai kritikan pedas dari para penggemar K-Pop. Banyak penggemar meluapkan kemarahan dan kekecewaan mereka. Berikut ini beberapa komentar dari para penggemar K-Pop:

"Beraninya kamu memperlakukan Jonghyun dengan sangat tidak sopan. Tolong biarkan dia istirahat dengan tenang!" kata salah seorang penggemar. 

"THR (The Hollywood Reporter) tidak perlu membawa Jonghyun ke dalam artikel bodoh yang bahkan tidak seakurat itu. Hanya karena kamu melihat K-Pop dari luarnya saja, ya, beberapa memang benar tapi itu tidak berarti kamu harus menggeneralisasi industri K-Pop," protes penggemar lainnya.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...