Makan Coklat Bisa Bikin Kita Tambah Fokus Loh!
Foto: Pexels
Kesehatan

Makan Coklat Bisa Bikin Kita Tambah Fokus Loh!

Rabu, 19 Jul 2017 | 11:21 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Ternyata coklat memiliki efek luar biasa loh. Selain sebagai obat sakit hari pasca diputusin pacar, coklat juga bisa membantumu untuk fokus berpikir.Penggemar coklat pasti bangga banget nih!

Periset dari Universitas L'Aquila di Italia meninjau literatur tentang konsumsi kakao jangka pendek dan jangka panjang, yang kaya akan senyawa organik yang melindungi otak yang disebut flavanols.

Menurut para peneliti, konsumsi kakao jangka pendek membantu kognisi seseorang dengan beberapa cara: 1) peningkatan memori kerja, 2) pengolahan visual yang lebih baik, dan 3) perbaikan konsekuensi kognitif negatif dari kurang tidur.

Pemakan kakao akan mendapatlan lebih banyak manfaat. Kognisi membaik pada individu yang mengonsumsi coklat setiap hari. Terlebih lagi, fokus akan menjadi lebih baik, kemampuan memproses informasi, memori kerja, dan komunikasi verbal terkait dengan asupan kakao jangka panjang. Ini lebih penting, namun bagi mereka yang lebih tua dengan kekurangan memori dan kognitif.

Ini adalah berita bagus. Cokelat tidak hanya membuat orang senang (karena rasanya enak), tetapi juga bisa membantu banyak orang yang berisiko terkena penyakit terkait usia.

"Hasil ini menunjukkan potensi flavanols kakao untuk melindungi kognisi pada seseorang yang rentan dari waktu ke waktu dengan meningkatkan kinerja kognitif." kata Valentina Socci dan Michele Ferrara.

Ini tidak berarti bahwa coklat sekarang menjadi kategori makanan yang dimakan sesering mungkin seperti buah dan sayuran.

"Asupan coklat secara teratur memang memberi efek menguntungkan pada fungsi kognitif dari waktu ke waktu. Namun, ada potensi efek samping dari makan coklat. Umumnya terkait dengan nilai kalori coklat, beberapa senyawa kimiawi yang melekat pada kakao. Tanaman seperti kafein dan theobromine, dan berbagai aditif yang kita tambahkan ke coklat seperti gula atau susu." katanya.

Meski ada efek sampingnya, review mereka tetap menunjukkan bahwa coklat ternyata bisa membantu kita untuk berpikir.

TAGS:
coklatmakan coklatefek makan coklat

RELATED STORIES

Loading interface...