Makan Hot Pot Bersama, Satu Keluarga di Hong Kong Terinfeksi Virus Corona
Foto: Thrillist.com
Internasional

Makan Hot Pot Bersama, Satu Keluarga di Hong Kong Terinfeksi Virus Corona

Senin, 10 Feb 2020 | 11:20 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Belum lama ini, tepatnya pada Minggu (9/02) kemarin, pemerintah Hong Kong baru saja mengumumkan satu keluarga yang terinfeksi virus corona setelah memakan hot pot atau hidangan rebusan bersama. Peristiwa ini berawal ketika keluarga yang berjumlah 9 orang ini mengadakan makan bersama di Tahun Baru Imlek.

Dilansir dari AFP, kesembilan orang ini merupakan bagian dari 19 orang dalam satu keluarga yang sedang merayakan Imlek dengan makan bersama pada akhir Januari lalu. Dua anggota keluarga yang berusia 24 dan 90 tahun dikonfirmasi positif terpapar virus corona.

Sementara tujuh anggota lainnya yang dalam pemeriksaan awal juga dinyatakan positif, namun mereka masih akan menjalani pemeriksaan lanjutan. Sedangkan dua orang lagi masih menunggu hasil pemeriksaan.

Cara masak dan makan dengan hot pot ini memang beresiko menularkan virus corona melalui air liur atau droplet penderita. Hal serupa sudah sempat diinformasikan oleh Pusat Pencegahan dan Penularan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang mengatakan, kalau penularan virus corona antarmanusia dapat terjadi akibat droplet yang keluar dari batuk atau bersin. Selain itu, potensi penularan juga akan sangat tinggi jika berada di dekat penderita.

Tak hanya itu, air liur juga bisa jatuh di benda-benda yang digunakan orang lain, lalu masuk ke tubuh. Makan dengan hot pot beresiko karena droplet tersebut bisa saja berada di sendok, mangkuk, atau panci.

Hingga saat ini, angka kematian akibat virus corona sudah mencapai 908 orang dengan penderita lebih dari 40 ribu orang. Selain di China, penderita virus corona juga ditemukan di sekitar 26 negara.

TAGS:
virus coronaHong Konghot pot

RELATED STORIES

Loading interface...