Makan Pecel dan Gado-gado Bisa Terserang Asam Urat?

Rusmanto
Rusmanto

Makan Pecel dan Gado-gado Bisa Terserang Asam Urat? ilustrasi
Winnetnews.com -  Sebenarnya, hobi makan sayur bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi sehat lainnya di dalam sayuran tersebut. 

Hanya saja, ada anggapan yang menyebut kebiasaan makan sayur seperti pecel dan gado-gado bisa memicu datangnya penyakit asam urat. Apakah anggapan ini memang benar?

Dampak makan pecel dan gado-gado

Pecel serta gado-gado kaya akan berbagai macam jenis sayuran seperti bayam, mentimun, kecambah, dan lain-lain. Ditambah dengan siraman saus kacang, kedua jenis sayuran ini tentu sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. 

Hanya saja, ada anggapan yang menyebut sayur bayam dan kacang-kacangan memiliki kandungan purin sehingga bisa menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh.

Beruntung, pakar kesehatan menyebut hal ini tidak tepat. Meski memiliki kandungan purin yang sedang, sayuran seperti bayam, kangkung, serta kacang-kacangan yang dipakai sebagai saus pada gado-gado dan pecel biasanya tidak akan memberikan dampak buruk bagi kadar zat asam urat di dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh porsi sayuran yang dikonsumsi pada sayuran tersebut biasanya tidak begitu banyak karena dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya. Selain itu, meskipun digemari banyak orang, pecel dan gado-gado belum tentu dikonsumsi setiap hari. Selain agar tidak bosan, kebanyakan orang memvariasikan konsumsi sayuran jenis lain agar bisa menikmati pola makan sehari-hari.

Melihat fakta ini, tak perlu khawatir berlebihan saat mengonsumsi gado-gado dan pecel. Mengonsumsinya tidak akan serta merta memicu masalah asam urat. Hanya saja, bagi mereka yang memang sudah memiliki penyakit ini, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk memastikan jenis sayuran apa yang masih aman untuk dikonsumsi sehingga tidak akan menyebabkan munculnya serangan asam urat.