Makanan dan Minuman yang Aman Bagi Penderita Alergi Gatal
ilustrasi
Kesehatan

Makanan dan Minuman yang Aman Bagi Penderita Alergi Gatal

Sabtu, 5 Okt 2019 | 15:06 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pada umumnya, tidak ada makanan yang menyebabkan gatal pada tubuh kecuali Anda memiliki kondisi medis, seperti alergi makanan, alergi serbuk sari, atau intoleransi histamin. Sementara itu, alergi makanan adalah penyebab paling umum dari rasa gatal pada tubuh. Lantas, apa saja makanan untuk alergi gatal yang aman dikonsumsi? Simak makanan untuk penderita alergi gatal yang aman dikonsumsi dan makanan yang sebaiknya dihindari di bawah ini.

Makanan Untuk Alergi Gatal

Sebelum menjelaskan mengenai makanan untuk penderita alergi gatal, perlu Anda ketahui bahwa alergi makanan bisa menyebabkan tubuh memproduksi zat kimia yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, gatal, dan kemerahan pada kulit. Oleh karena itu, mengetahui makanan atau minuman apa saja yang membuat gatal adalah sesuatu yang penting.

Berikut ini adalah minuman dan makanan untuk alergi gatal yang aman untuk dikonsumsi, di antaranya:

1. Jahe

Selain gatal, gejala alergi yang tidak menyenangkan lainnya seperti pembengkakan, iritasi pada saluran hidung, mata, dan tenggorokan, biasanya berasal dari masalah peradangan. Dengan mengonsumsi jahe, maka gejala-gejala tersebut bisa berkurang.

2. Bee Pollen

Bee pollen atau disebut serbuk sari lebah adalah sesuatu sangat berbeda dengan madu alami. Bee pollen adalah gabungan dari serbuk sari tanaman, nektar tanaman dan air liur lebah. Ketiga bahan tersebut membentuk butiran halus yang disimpan di dalam kantung di kaki lebah.

Bee pollen memiliki sifat antiinflamasi, antijamur, dan antimikroba, sehingga berguna dalam mencegah terjadinya reaksi alergi. Cara memakannya, Anda bisa menaburkannya di yoghurt, sereal, atau mencampurkannya ke dalam smoothie.

3. Buah Citrus

Makanan untuk alergi gatal berikutnya yang baik untuk dikonsumsi adalah buah citrus. Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C telah terbukti mengurangi rinitis alergi, iritasi pada saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh serbuk sari dari tanaman berbunga.

Oleh karenanya, jika Anda berada pada kondisi yang memicu alergi segera konsumsi buah-buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, berry, lemon, kiwi, atau jeruk limau.

4. Kunyit

Makanan untuk alergi gatal yang mudah didapatkan adalah kunyit. Bahan aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin telah dikaitkan dengan berkurangnya gejala beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan.

Kurkumin juga membantu meminimalkan pembengkakan dan iritasi yang disebabkan oleh rinitis alergi. Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk pil atau dimakan dalam sajian makanan.

TAGS:
alergigatalmakananminuman

RELATED STORIES

Loading interface...