Makanan Ini Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Oky
Oky

Makanan Ini Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh sumber foto : istimewa

WInnetnews.com - Di cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, Anda perlu memahami cara meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Pasalnya, daya tahan tubuh yang menurun dapat meningkatkan risiko penyakit.

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem daya tahan tubuh atau sistem imunitas untuk melawan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit. Namun, bukan berarti sistem imunitas ini tidak bisa gagal dalam mencegah serangan penyakit. Terkadang, kuman tetap dapat masuk dan membuat Anda sakit, terutama bila daya tahan tubuh sedang lemah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya tidak sulit. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut ini adalah beragam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Jeruk
Berwarna oranye dan menyegarkan, jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, yang berfungsi melawan beragam infeksi.
2. Brokoli
Sayang rasanya jika Anda tidak memasukkan brokoli ke dalam menu harian Anda, karena sayuran ini kaya akan vitamin, seperti vitamin E, A, dan C. Selain itu, brokoli juga mengandung mineral dan antioksidan. Cara mengolahnya pun tidak rumit. Cukup rebus sebentar, lalu santap selagi hangat.
3. Bayam 
Bayam kaya akan vitamin C, beta karoten, dan antioksidan. Dengan kandungannya ini, bayam dapat membantu meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi.
4. Kacang almond
Kacang almond merupakan sumber vitamin E. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin E memegang peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu, baik almond maupun kacang-kacangan lainnya memiliki kandungan berbagai vitamin dan lemak sehat.

Selain beberapa jenis makanan di atas, jahe, bawang putih, paprika merah, kunyit, teh hijau, dan yoghurt, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ingatlah untuk tidak mengolah sayur, seperti bayam atau brokoli, dalam waktu yang lama. Cukup rebus sebentar, untuk tetap menjaga nutrisi di dalamnya.