Makanan ini Dianjurkan bagi Penderita Kanker Payudara
ilustrasi
Lifestyle

Makanan ini Dianjurkan bagi Penderita Kanker Payudara

Senin, 14 Okt 2019 | 06:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tidak ada satu makanan khusus yang bisa mencegah atau mengobati kanker payudara. Namun, ada makanan-makanan tertentu yang bisa membantu menjaga kesehatan penderita kanker payudara. Dengan begitu, tubuh tetap kuat, bertenaga, dan tentu saja lekas pulih dari pengobatan yang sedang dijalani.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita kanker payudara

image0

Makanan sehat tak hanya memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tapi juga membantu memperlambat perkembangan sel kanker.

Berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk para penderita kanker payudara:

Sayur dan buah-buahan

Penelitian di the American Journal of Clinical Nutrition yang dilakukan pada lebih dari 90 ribu wanita menemukan bukti bahwa diet sayur dan buah bagus untuk tubuh. Diet kedua makanan ini bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 15 persen.

Hal ini diduga kuat salah satunya karena kandungan flavonoid dan karotenoid pada buah-buahan dan sayuran. Beta karoten pada wortel misalnya diduga kuat mampu menurunkan risiko kanker payudara karena menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sementara itu, sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dan kangkung serta buah terutama beri dan persik sangat bagus untuk penderita kanker payudara. Sayuran dari keluarga cruciferous seperti kembang kol, brokoli, dan kubis juga menjadi pilihan yang tepat karena kandungan antiestrogennya.

Dilansir dari laman Breast Cancer, untuk penderita kanker payudara sebaiknya makan makanan ini minimal 5 porsi yang beragam setiap harinya.

Lemak sehat

Lemak dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi dan salah satu zat pembangun tubuh. Namun, tentu saja bukan lemak sembarangan yang dibutuhkan tubuh, lemak sehat harus jadi pilihan utamanya. Lemak sehat jadi salah satu makanan wajib untuk penderita kanker payudara setiap harinya.

Dibandingkan dengan lemak trans dan lemak jenuh, pilihlah sumber lemak tak jenuh ganda atau tunggal. Adapun sumber lemak yang sehat yaitu:

  • Minyak zaitun
  • Alpukat
  • Biji-bijian
  • Ikan

Ikan, misalnya, mengandung lemak sehat asam lemak omega 3. Penelitian dalam jurnal Breast Cancer Research menyebutkan, wanita pengidap kanker payudara yang rutin mengonsumsi asam lemak omega 3 peluangnya untuk kambuh lebih rendah 25% dalam 7 tahun setelah diagnosis.

Hal ini diduga karena asam lemak omega 3 mampu mengurangi peradangan dalam tubuh yang jadi salah satu penyebab kanker payudara.

Kedelai

Kedelai menjadi salah satu sumber makanan sehat yang kata akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Tak hanya itu, kedelai juga mengandung antioksidan yang dinamakan isoflavon.

Sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan fakta bahwa asupan isoflavon yang tinggi dikaitkan dengan penurunan angka kematian karena berbagai penyebab. Hal ini bisa jadi salah satu dasar mengapa semua orang termasuk penderita kanker payudara perlu untuk makan makanan yang kaya isoflavon.

Kedelai biasanya diolah dalam berbagai bentuk mulai dari tahu, tempe,  hingga susu kedelai. Anda juga bisa makan kedelai edamame untuk mendapatkan manfaatnya.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah makanan yang tidak melewati banyak proses sehingga kaya akan karbohidrat kompleks, serat, fitokimia, vitamin, dan mineral.  Dilansir dari Cleveland Clinic, peneliti di Cina menemukan fakta bahwa asupan serat yang tinggi bisa mengubah kerja hormon pada kanker payudara.

Dengan begitu makanan ini diduga bisa menurunkan peluang kanker untuk kembali dan meringankan penyakit. Selain itu, biji-bijian utuh juga membantu melindungi penderita kanker dari kerusakan kardiovaskular.  Pasalnya, sebagian pengobatan bisa berefek buruk pada kesehatan jantung.

Vitamin D

Dilansir dari WebMD ada penelitian yang menemukan hubungan antara rendahnya konsumsi vitamin D dengan peningkatan risiko kanker payudara. Untuk itu, penderita kanker payudara sebaiknya makan makanan yang kaya akan vitamin D seperti telur, yoghurt, jus jeruk, sarden, dan tiram.

TAGS:
kanker payudaramakanan

RELATED STORIES

Loading interface...