Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Agar Kulit Tetap Awet Muda
Foto: Pexels/Burst
Lifestyle

Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Agar Kulit Tetap Awet Muda

Selasa, 23 Feb 2021 | 17:20 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Mempunyai kulit yang tetap terlihat muda meskipun umur sudah bertambah, menjadi keinginan banyak orang. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari menggunakan skincare sehari-hari hingga melakukan perawatan di salon kecantikan.

Akan tetapi, cara-cara tersebut agak sulit untuk berhasil, jika tidak didukung dengan pola hidup yang sehat. Mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kafein, menjadi salah satu penyebab kulit lebih cepat mengalami penuaan.

Melansir The Healthy, berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari jika ingin mempunyai kulit yang awet muda.

Sup kaleng

Semangkuk sup memang terlihat seperti makanan yang sheat, tapi sebenarnya beberapa sup kaleng dikemas dengan bahan-bahan yang kurang sehat. Hultin mengatakan kalau kadar sodium yang tinggi di dalam sup kaleng bisa membuat seseorang dehidrasi, sehingga kulit menjadi keriput dan garis halus lebih terlihat.

Daging olahan

Pepperoni, bacon, hot dog, potongan daging dingin, sosis, dan stik daging yang telah diawetkan, merupakan daging olahan menurut American Institute of Cancer Research. Penelitian menunjukkan bahwa memakannya secara teratur, bisa meningkatkan risiko kematian sebesar 16 persen.

Lemak trans yang ada dalam daging, juga telah dikaitkan dengan penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan COPD. Daging olahan juga bisa berkontribusi pada penuaan dengan mengurangi telomer DNA pelindung dan kelebihan natrium yang ada di makanan ini juga bisa meningkatkan proses penuaan.

Smoothie

Meskipun smoothie buah sering dijadikan camilan alternatif, tapi makanan ini mengandung gula yang kurang baik untuk tubuh.

“Konsumsi gula yang berlebihan telah dikaitkan dengan perubahan kolagen dan struktur kulit, membuat kulit Anda terlihat lebih kaku dan kurang montok serta awet muda,” kata Lauren Kelly, yang berbasis di New York City.

Minuman berkafein

Minum terlalu banyak kafein bisa membuat dehidrasi, yang mengakibatkan kulit terlihat tua, ujar Kelly. Saat tubuh mengalami dehidrasi, ia akan menarik air dari jaringan, membuat kulit terasa lebih kering dan kurang elastis.

Agar tetap terhidrasi dengan baik, kamu harus memenuhi target cairan harian, yang kebanyakan orang setidaknya dua liter per hari.

TAGS:
tips awet mudaawet mudadaging olahankafein

RELATED STORIES

Loading interface...