Makanan Nyangkut di Tenggorokan? Ini Triks untuk Mengatasinya

Rusmanto
Rusmanto

Makanan Nyangkut di Tenggorokan? Ini Triks untuk Mengatasinya ilustrasi

Winnetnews.com - Pada saat menelan makanan, lebih dari 50 jaringan otot bekerja agar makanan tersebut tidak nyangkut di tenggorokan. Akan tetapi, tidak jarang hal yang tidak diinginkan justru terjadi. 

Makanan yang nyangkut di tenggorokan tentu akan terasa sangat mengganggu, bahkan dapat membuat Anda sulit bernapas. Supaya kondisi ini tidak semakin parah, berikut ini beberapa cara mengatasi makanan yang terasa nyangkut di tenggorokan. 

Mengatasi makanan yang terasa nyangkut di tenggorokan

Umumnya, makanan yang nyangkut di tenggorokan disebabkan karena Anda tidak mengunyah makanan dengan baik.

Akibatnya, makanan yang cukup besar tertinggal di tenggorokan. Selain itu, kesulitan menelan juga dapat menjadi pertanda terdapat masalah pada esofagus atau tenggorokan Anda.

Jika tak bisa ditangani sendiri, biasanya kondisi ini akan berakhir di ruangan unit gawat darurat dan Anda harus mengandalkan bantuan medis.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda atau orang terdekat coba untuk mengatasi makanan yang terasa nyangkut di tenggorokan. 

1. Minum minuman bersoda

Tahukah Anda bahwa minuman bersoda atau berkarbonasi dapat membantu melancarkan makanan yang tertinggal di tenggorokan Anda?

Seperti yang dilansir dari wawancara Dr. Troy Madsen pada University of Utah, minuman berkarbonasi ternyata dapat memecah makanan yang nyangkut di tenggorokan.

Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan alasannya, karbondioksida pada minuman tersebut diduga dapat membantu menghancurkan partikel makanan menjadi lebih kecil. 

Selain itu, hal ini juga mungkin terjadi karena soda akan melepaskan gas ketika masuk ke perut Anda. Tekanan gas tersebut pada akhirnya dapat melepaskan makanan yang tersangkut di tenggorokan.