Mana yang Lebih Sehat, Toilet Jongkok atau Duduk?

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Mana yang Lebih Sehat, Toilet Jongkok atau Duduk?
Ilustrasi

Winnetnews.com -  Ada dua jenis toilet yang umumnya digunakan banyak orang untuk buang air besar, yaitu toilet jongkok dan toilet duduk. Keduanya memiliki posisi penggunaan yang berbeda-beda.

Dari kedua jenis toilet ini mana yang lebih baik ya? Toilet jongkok atau toilet duduk? Simpan jawaban kamu sekarang dan simak penjelasan berikut ini.

Dikutip dari buku Gastroenterology, Selasa (3/11), dalam bokong manusia terdapat otot yang bernama puborectalis. Otot ini yang menekan saluran usus besar saat kamu berdiri agar feses tidak keluar.

Ketika kamu buang air dengan posisi jongkok, otot puborectalis akan melonggar total sehingga feses mudah dikeluarkan. Sedangkan jika dalam posisi duduk, otot puborectalis tidak melonggar sempurna.

Ketika otot puborectalis melonggar, kamu bisa buang air besar tanpa mengejan alias 'ngeden'. Sedangkan posisi duduk mengharuskan kamu mengejan untuk mendorong feses keluar.

Nah mengejan ini yang bisa dikatakan cukup berbahaya dan berpotensi menjadi sumber beberapa penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan seperti wasir.

Kalau berbicara mana yang lebih sehat, tentu toilet jongkok lebih sehat dibanding toilet duduk. Namun dari segi kepraktisan, tentunya toilet duduk lebih praktis dan mudah digunakan dibanding toilet jongkok.

Nah kalau kamu lebih suka menggunakan yang mana? Toilet jongkok atau toilet duduk?

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...