Manfaat Cengkeh untuk Pengobatan Sakit Gigi
ilustrasi
Kesehatan

Manfaat Cengkeh untuk Pengobatan Sakit Gigi

Sabtu, 9 Nov 2019 | 13:53 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Hampir setiap orang yang pernah mengalaminya pasti setuju sakit gigi itu sangat menyiksa. Bahkan ada beberapa yang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Namun, tidak usah khawatir. Sebetulnya ada banyak cara alami untuk mengatasi sakit gigi di rumah, seperti memakai minyak cengkeh. Benarkah manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi?

Manfaat minyak cengkeh untuk atasi sakit gigi

Cengkeh merupakan tangkai bunga kering yang berasal dari keluarga pohon Myraceae. Dalam setangkai cengkeh mengandung senyawa aktif bernama eugenol yang berperan sebagai obat bius alami.

Eugenol bekerja membantu mematikan sinyal saraf pemicu sakit sehingga mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Euganol juga bersifat antiradang yang efektif untuk mengempiskan gusi bengkak dan meredakan iritasi di area gigi yang bermasalah.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dentistry bahkan melaporkan minyak cengkeh dapat menggantikan peran obat benzocaine untuk meredakan nyeri ringan. Benzocaine adalah obat bius lokal yang bekerja menghambat sinyal saraf di dalam tubuh.

TAGS:
minyak cengkehsakit gigi

RELATED STORIES

Loading interface...