Manfaat Konsumsi Kacang Panjang Untuk Kesehatan
Foto: sharonpalmer.com
Lifestyle

Manfaat Konsumsi Kacang Panjang Untuk Kesehatan

Selasa, 21 Apr 2020 | 18:22 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kacang panjang merupakan sayuran yang sering kita jumpai dalam menu masakan sehari-hari. Kacang panjang nyatanya memiliki kandungan nutrisi yang baik dan dapat memberikan dampak positif pada tubuh.

Kacang panjang sering diolah dengan cara ditumis ataupun dijadikan sebagai lalapan mentah oleh sejumlah orang. Kacang panjang diketahui memiliki kandungan vitamin C, vitamin B9, magnesium, mangan, dan berbagai jenis vitamin dan mineral lainnya.

Selain itu, menurut data USDA National Nutrient, 100 gram kacang panjang mengandung 47 kalori, 2,8 gram protein yang bisa memenuhi 5% kebutuhan harian, 8,35 gram karbohidrat, dan 0,40 gram lemak. Dengan konsumsi kacang panjang, kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi kacang panjang.

Mengontrol gula darah

Sebuah penelitian menunjukan bahwa aktivitas antihiperglikemik pada ekstrak kacang panjang mampu menurunkan glukosa dalam darah. Oleh karena itu, penderita diabetes aman untuk mengonsumsi kacang panjang. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat keefektifan kacang panjang tersebut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol gula darah, kacang panjang juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas). Pasalnya, dalam kacang panjang terdapat antioksidan, vitamin C, beta-karoten, dan riboflavin. Tak hanya itu, kandungan tiamin dalam kacang panjang juga berperan untuk melancarkan saluran pencernaan dalam proses penyerapan nutrisi.

Mencegah penuaan dini

Vitamin C yang ada dalam kacang panjang juga dapat bermanfaat untuk kulit kita. Jenis vitamin ini diketahui dapat mencegah kulit keriput dan kering, sehingga dapat memperlambat proses penuaan dini. Kacang panjang juga dapat menyembuhkan luka lebih cepat dan menjaga kekuatan otot.

Meredakan nyeri haid

Ketika menstruasi, tak jarang seorang wanita akan mengalami nyeri dank ram di bagian perut. Agar rasa nyeri itu reda, kita bisa mengonsumsi kacang panjang karena di dalamnya terdapat kandungan mangan yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Selain meredakan sakit, perasaan hati pun akan jauh lebih baik.

TAGS:
kacang panjangsistem imun tubuhvitamin c

RELATED STORIES

Loading interface...