Manfaat Kunyit Putih, Mulai Cegah Kanker Hingga Obat Sakit Maag

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Manfaat Kunyit Putih, Mulai Cegah Kanker Hingga Obat Sakit Maag Sumber: Hallo Sehat

Winnetnews.com -  Dalam keseharian kita, biasanya kita mengenal kunyit dengan warnanya yang kuning. Tapi, tahu kah kamu, kalau ternyata ada lho kunyit yang berwarna putih. 

Rempah yang berasal dari India dan Indonesia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kunyit putih juga memiliki begitu banyak zat gizi yang baik untuk badan kita.

Yuk simak apa saja manfaat kunyit putih bagi kesehatan.

Turunkan potensi kanker
Kunyit putih diyakini bisa menghambat perkembangan sel kanker pada organ tubuh. Efektivitas kunyit putih ini dianggap lebih alami saat kita sedang berusaha untuk menurunkan potensi kanker. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci kunyit putih hingga bersih, potong kecil-kecil seperti dadu, dan jemur kunyit hingga kering di bawah sinar matahari. Langkah terakhir, giling hingga halus dan gunakan sebelum meminum obat.

Redakan peradangan
Karena kunyit putih mengandung anti imflamasi, maka rempah ini cocok untuk mengobati peradangan, hingga luka penyakit kulit lainnya. Selain itu, kunyit putih juga memiliki kandungan diuretik yang mampu mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh. 

Mengurangi bakteri jahat
Jika dikonsumsi dengan cara yang benar, maka kunyit putih bisa menyelesaikan masalah pencernaan seperti diare, keracunan makanan, sepsis, hingga melawan infeksi jamur. Bahkan, kunyit putih juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran saat berkumur untuk mengurangi bakteri dari dalam mulut.

Mengobati sakit maag
Kunyit putih memiliki kandungan yang dapat mengatasi maag seperti minyak atsin, gula, saponin, protein toksin, damar, flavonoida, amilium, titanin, dan lainnya. Dengan berbagai kandungan tersebut, kunyit putih memberikan manfaat yang efektif dalam mengobati sakit maag. Selain itu, jika rajin dikonsumsi maka kunyit putih juga bisa mengurangi asam lambung.