Masjid Apung Ancol Jadi Ikon Baru Wisata Jakarta Utara
Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali menjjelaskan gambaran Masjid Apung Ancol. [Foto: Tribunnews.com]
Jakarta

Masjid Apung Ancol Jadi Ikon Baru Wisata Jakarta Utara

Selasa, 12 Nov 2019 | 11:48 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kini tengah fokus dalam meningkatkan infrastruktur di ibu kota sebelum berpindah ke Kalimantan Timur (Kaltim). Kali ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun Masjid Apung Ancol yang dinilai bisa meningkatkan minat para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Seperti diketahui, Jakarta Utara banyak menyimpan kisah dan sejarah panjang berkembangnya Islam, mengingat Jakarta Utara merupakan salah satu gerbang masuknya Islam ke Jakarta.

Melansir laman CNNIndonesianews.com, sebelum Masjid Apung Ancol, Jakarta Utara telah memiliki masjid bersejarah lainnya, antara lain Masjid Jami’ Luar Batang di Penjaringan, Masjid Al-Mukaromah di Kampung Bandan, hingga Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) di Koja.

image0
Desain Masjid Apung Ancol. [Foto: Liputan6.com]

"Selain menghadirkan ikon baru di Jakarta, teknologi konstruksi masjid dinilai dapat menjadi sarana pendidikan untuk masyarakat," kata Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko dalam acara pencanangan tiang pertama Masjid Apung Ancol di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (12/11).

Gubernur Anies yang juga turut hadir dalam acara tersebut bersama Jusuf Kalla mengatakan, Masjid Apung Ancol didirikan untuk mewujudkan wisata kultural yang sarat kesetaraan bagi warga Jakarta. Pasalnya, menurut Anies, ada warga Jakarta yang bertahun-tahun tak punya kemampuan secara finansial untuk masuk menikmati kawasan hiburan dan wisata.

"Mereka dilewatkan sebagaimana warga lain yang bisa beli tiket di Ancol dan Dufan. Kita ingin tempat ini setara untuk semuanya," ujar Anies.

Masjid Apung ditargetkan bisa memberikan pengalaman baru untuk jamaah, sekaligus memfasilitasi kebutuhan ibadah umat muslim yang sedang berlibur di Ancol.

image1
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko
meresmikan pendirian atau groundbreaking Masjid Apung Ancol, Minggu (10/11). [Foto: iNews.id]

"Kita berkeinginan ada fenomena alam yang dirasakan yang mengunjungi masjid ini, posisinya di atas permukaan air laut, dengan hamparan langit terbuka. Ini unik karena tidak ada masjid yang di pinggir laut Jakarta," lanjut Anies.

Peresmian pembangunan Masjid Apung di Ancol sekaligus menandai peringatan Maulid Nabi Muhammad dan pusat peradaban penyebaran agama Islam yang dimulai dari kawasan tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan, masjid tersebut didirikan sebagai langkah membangun nilai sosial perusahaan.

"Dulu petugas PPSU DKI Jakarta kami ajak ke Dufan, Sea World, yatim pintu rekreasi ke Ancol, kemudian pengurus RT dan RW yang tidak mampu kurang lebih 170 ribu orang," kata Sahir.

"Di hari Maulid Nabi ini, kami mencanangkan 'groundbreaking' Masjid Apung di Ancol. Insyaallah menjadi momentum kita untuk mendapat keberkahan Allah SWT," tandas dia.

TAGS:
DKI JakartagubernurAnies BaswedanJusuf KallaWali Kota Jakarta UtaraSigit WijatmokoAncolMasjid Apung

RELATED STORIES

Loading interface...