Mau Tahu Kenapa Terus Haus Walau Sudah Minum Air? Ini 5 Alasannya

Muchdi
Muchdi

Mau Tahu Kenapa Terus Haus Walau Sudah Minum Air? Ini  5 Alasannya Ilustrasi minum air (Andreas Rodriguez-Thinkstock)

WinNetNews.com - Pernahkah kamu mengalami rasa kering di tenggorokan yang tak kunjung sirna kendati sudah diguyur dengan air? Ternyata terdapat beberapa alasan mengapa kamu tetap merasa haus kendati sudah minum cukup banyak.

Perasaan haus yang tak kunjung hilang ini dapat menjadi pertanda adanya penyakit yang bersarang di tubuhmu.

Dikutip dari situs Merdeka dari laman Medical Daily, Sabtu (26/1/2019),  berikut lima alasan mengapa kamu terus menerus merasa haus.

1. Kurangnya Cairan

"Alasan utama seseorang merasa haus adalah karena dehidrasi, mereka tidak minum cukup banyak air," jelas Natasha Bhuyan, M.D., dokter di One Medical, Phoenix, Arizona.

Natasha menjelaskan bahwa pada beberapa orang membutuhkan lebih banyak air dibanding orang lain. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang rutin berolahraga atau tinggal di lingkungan kering.

2. Jenis Diet

Orang yang melakukan diet keto melaporkan beberapa efek samping yang salah satunya adalah rasa haus berlebih. Hal ini muncul karena jenis diet ini mengurangi asupan karbohidrat yang kaya kandungan air dibanding lemak dan protein.

3. Masalah Tiroid

Efek dari tiroid yang aktif berlebihan dapat berbeda antara satu orang dengan orang lain. Salah satu gejala yang ditunjukkan oleh hal ini adalah gejala haus luar biasa yang dialami serta berbagai gejala lain seperti berat badan yang susut, tremor pada tangan, kelelahan, kecemasan, dan lain sebagainya.

4. Diabetes

Gejala haus ini terjadi baik pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Terjadinya rasa haus ini merupakan salah satu efek dari terjadinya diabetes namun tidak sepenuhnya identik.

"Saat dehidrasi, tubuh mencoba untuk mempertahankan cairan dalam tubuh. Namun ketika diabetes, kandungan gula keluar dan memaksa seseorang untuk buang air kecil lebih sering," ujar Peter Mayock, M.D., dari Eric Family Health Center di Chicago.

5. Pengobatan yang Kamu Jalani

Banyak jenis pengobatan yang dapat baik secara langsung atau tidak berkontribusi pada rasa haus di tenggorokan. Obat darah tinggi, antidepresan, dan alergi dapat menimbulkan efek samping seperti sering buang air dan tenggorokan kering.

Walaupun beberapa hal ini dapat menjadi pertanda masalah yang mungkin kamu alami, namun jika rasa haus ini tak kunjung hilang juga, segera konsultasikan masalah tersebut kepada dokter.