Melakukan Traveling Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Kesehatan

Melakukan Traveling Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 29 Jan 2020 | 06:15 | Rusmanto
Winnetnews.com - Siapa yang tidak suka jalan-jalan atau traveling? Ya, kegiatan yang satu ini memang memberikan kesenangan tiada dua bagi traveller. Melakukan travelling, rasa lelah dan stres yang menerpa akibat padatnya aktivitas, pun ditambah oleh problematika kehidupan, seketika bisa lenyap. Lantas, ada apa saja sih manfaat travelling, utamanya bagi kesehatan tubuh?

Manfaat Travelling bagi Kesehatan

Bagi kebanyakan orang (mungkin termasuk Anda salah satunya), jalan-jalan atau traveling adalah kegiatan yang tak hanya sekadar hobi, namun telah menjadi suatu kebutuhan. Anggapan ini tak lepas dari sejumlah manfaat besar yang dibawa oleh aktivitas travelling tersebut.

Berikut ini adalah manfaat travelling yang perlu Anda ketahui:

1. Memulihkan Stres

Manfaat travelling bagi kesehatan yang terbukti ampuh adalah meredakan stres. Rasa stres memang tidak bisa dihindari. Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, entah dipicu oleh rutinitas yang terlalu padat, maupun masalah yang tengah dihadapi.

Oleh sebab itu, perlu adanya suatu aktivitas yang bisa mengobati stres tersebut, di mana salah satunya adalah travelling atau jalan-jalan. Manfaat hobi travelling yang satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian, yang mana dikatakan bahwa orang-orang yang melakukan travelling merasa lebih bahagia dan tidak stres.

2. Merawat Fungsi Organ Tubuh

Stres menjadi ‘gerbang’ dari timbulnya masalah pada organ-organ tubuh, mulai dari otak hingga jantung sekalipun. Nah, karena travelling efektif untuk mengusir rasa stres, maka secara tidak langsung travelling turut berperan dalam merawat fungsi organ tubuh tersebut.

Di samping itu, manfaat liburan juga tak lepas dari aktivitas travelling yang membuat ‘memaksa’ tubuh untuk banyak bergerak, terlebih jika travelling yang Anda lakoni melibatkan aktivitas fisik yang banyak, seperti naik gunung atau pergi ke pantai, yang mana hal tersebut sangat baik untuk kesehatan fungsi organ tubuh.

3. Meminimalisir Risiko Penyakit

Dalam bukunya yang berjudul Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So, Roger Dow yang tak lain adalah presiden sekaligus CEO dari Asosiasi Travel Amerika Serikat mengungkapkan bahwasanya melakukan travelling bermanfaat untuk meminimalisir risiko penyakit mematikan seperti stroke dan jantung.

Pernyataan Dow tersebut bukannya tanpa bukti. Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 12.000 orang, didapatkan hasil bahwa kelompok partisipan yang melakukan travelling lebih sering, memiliki tingkat risiko terkena penyakit stroke dan jantung yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak atau jarang bepergian.

TAGS:
travellingkesehatan jantung

RELATED STORIES

Loading interface...