Melihat Busana Khas Lebaran dari Berbagai Belahan Dunia
Sumber:Kumparan.com
Fashion & Beauty

Melihat Busana Khas Lebaran dari Berbagai Belahan Dunia

Minggu, 24 Mei 2020 | 19:28 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Umat Islam di seluruh dunia segera merayakan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal atau 24 Mei 2020. 

Pada tahun ini, Lebaran memang terasa sangat berbeda karena kita dianjurkan untuk tidak berkumpul dan melakukan silaturahmi seperti biasa. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk merayakan Lebaran di rumah saja.

Meski demikian, kita masih bisa tetap tampil stylish dengan baju lebaran untuk berfoto bersama keluarga di rumah atau sekadar OOTD. Berbicara soal baju lebaran, hari Idul Fitri memang identik dengan busana-busana yang khas.

Dilansir dari Kumparan.com, berikut ini beberapa busana khas lebaran dari berbagai belahan negara.

Malaysia

Wanita di negara tetangga kita, Malaysia, biasa mengenakan Baju Kurung saat Idul Fitri. Biasanya, busana ini memiliki siluet yang longgar pada bagian lengan, perut, dan juga dada. Selain itu, Baju Kurung juga tidak dipasangi kancing dan tidak pula memiliki kerah. 


Palestina

Berbeda di Palestina biasanya wanita memakai busana bernama Thobe saat merayakan Idul Fitri. Thobe sendiri merujuk pada kain longgar dengan lengan panjang, dan bisa dikenakan oleh perempuan di segala usia. Busana ini biasanya berbentuk baju terusan seperti jubah yang dihiasi sulaman tangan yang sangat rumit. 

Pakistan

Jika Palestina memiliki Thobe, maka Pakistan memiliki Shalwar Kameez. Shalwar Kameez sendiri merupakan pakaian tradisional yang terdiri dari dua potong yaitu celana atau kulot (shalwar) dan juga kemeja atau tunik (kameez). Shalwar Kameez sebetulnya tidak terbatas dipakai saat Idul Fitri saja, namun juga dipakai untuk berbagai momentum. 

Bangladesh

Mirip dengan di Pakistan, perempuan Bangladesh memakai Saree Salwar Kameez saat Hari Raya Idul Fitri. Saree Salwar Kameez di Bangladesh sendiri merupakan busana modest yang memiliki model panjang dengan warna cerah dan biasanya dihiasi manik-manik. 

Maroko

Sama dengan di Indonesia, perempuan Maroko juga biasanya mengenakan Kaftan saat Hari Raya Idul Fitri. Kaftan sendiri adalah pakaian panjang yang memiliki model longgar dan dihiasi dengan motif yang rumit di bagian lengan serta dada.

 Terdapat banyak sekali variasi dan model Kaftan yang biasanya dikenakan perempuan Maroko saat Lebaran.

TAGS:
baju lebarandunia

RELATED STORIES

Loading interface...