Melonjak 140%, KOMCA Ungkap Royalti Luar Negeri untuk Musik K-Pop Meningkat Berkat BTS & BLACKPINK!
Foto: Pinterest
Entertainment

Melonjak 140%, KOMCA Ungkap Royalti Luar Negeri untuk Musik K-Pop Meningkat Berkat BTS & BLACKPINK!

Kamis, 5 Sep 2019 | 10:38 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Baru-baru ini, Korea Music Copyright Association (KOMCA) atau Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, mengungkapkan bahwa pendapatan royalti luar negeri untuk musik Korea mengalami peningkatan secara signifikan.⁣

Royalti musik Korea dari luar negeri telah mencatat total 11,3 miliar won (setara 133,2 miliar rupiah) sejauh ini di tahun 2019. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 140 persen dari tahun lalu.  Perwakilan dari KOMCA mengungkapkan hal ini menandakan bahwa musik dan artis Korea seperti BTS dan BLACKPINK dicintai banyak orang di seluruh dunia.

image0

Pencapaian ini juga tidak lepas dari banyaknya artis Korea yang terus menggelar konser dan berbagai acara lainnya di luar negeri. ⁣Perwakilan dari KOMCA mengatakan, “Musik artis Korea seperti BTS dan BLACKPINK menerima cinta dari orang-orang di seluruh dunia, dan artis Korea terus menampilkan pertunjukan di luar negeri.”⁣

image1

Hal ini tentu mengundang banyak komentar dari netizen. Dalam situs komunitas online Naver, banyak netizen yang memuji kepopuleran banyak grup K-Pop di luar negeri termasuk BTS dan BLACKPINK.

"Melihat streaming Spotify menunjukkan mengapa BTS dan BLACKPINK disebutkan. Kedua grup ini sangat sukses di pasar luar negeri, dan aku berharap mereka akan terus berkembang," komentar seorang netter.

"Aku suka BTS. Mereka selalu bagus dalam segala hal! Tetapi, sangat disayangkan bahwa BLACKPINK selalu diserang oleh media Korea dan agensi lain. Aku berharap mereka bisa tumbuh dan menjadi grup yang diakui dengan jelas," tutur netter lainnya.⁣

"Dua grup muncul di tangga lagu Billboard, ada begitu banyak subscriber YouTube, followers Instagram, dan kalian bisa mengetahuinya. Perwakilan boygroup dan girlgroup K-Pop," ungkap seorang netter.

"Kamu bisa melihat jawabannya hanya dengan melihat YouTube. Aku mendengar bahwa kedua penyanyi menghasilkan keuntungan lebih dari 10 miliar won hanya dari klip video saja. Aku berharap penyanyi lain tumbuh dan K-Pop akan tumbuh seperti musik Amerika.," tambah netter lain.

"Semoga grup K-pop menjadi lebih baik dan lebih baik, Fighting!⁣," sambung netter lainnya.

"Aku bisa melihat mengapa BTS dan BLACKPINK sangat populer hanya dengan menonton konsernya sekarang. Panggung mereka menarik banyak orang," seru netter lainnya.

"Selain musik idol K-Pop, kedua grup ini benar-benar memiliki musik yang bagus, BTS dan BLACKPINK. Kalian bisa tahu dengan menonton lagu-lagu di album K-Pop yang dicintai," ujar netter lainnya

TAGS:
BTSBlackpinkKOMCAnetizen

RELATED STORIES

Loading interface...